Lokasi Wisata Raja Ampat: 13 Tempat ini Layak Sobat Pertimbangkan



Dihaimoma.com

Wisata Raja Ampat- Saat ini Raja Ampat menjadi salah satu surga wisata bahari yang dikenal warga dunia. Tidak heran, kepulauan ini terletak tepat di jantung segitiga karang dunia (Coral Triangle) dan menjadi pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia hingga saat ini. Kepulauan ini terletak tepat dibagian paling Barat pulau induk Papua dan membentang di area seluas 4,6 juta hektare.


Raja Ampat  memang kaya dan unik. Tempat yang menjadi surga wisata bahari ini menyimpan lebih dari 1.104 jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang. Selain itu, kepulauan ini juga  kaya akan keanekaragaman terumbu karang, hamparan padang lamun, hutan mangrove, dan bahkan dikenal juga dengan ribuan pantai bertebing batu yang indah. Karena kekayaan dan keindahannya itu, Raja Ampat telah diusulkan sebagai Lokasi Warisan Dunia (World Herritage Site) oleh Pemerintah Indonesia.

Kalau kita bicara tentang Raja Ampat, berarti kita berbicara tentang kepulauan Raja Ampat yang saat ini sudah menjadi kabupaten sendiri dari provinsi Papua Barat. Tempat yang penah meluluhkan hati salah satu pendiri google ini, setiap bulannya tidak pernah luput dari kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca juga: Sejarah Raja Ampat di Provinsi Papua Barat yang Perlu Anda Ketahui !


Mengita kepulau Raja Ampat itu sangat luas. Bagi sobat yang belum berkujung kesana tetapi berencana  untuk berkujung ke Raja Ampat, pasti akan sulit menentukan lokasi wisata yang hendak sobat prioritaskan. Jadi, sebaiknya sobat mengetahui tempat atau lokasi yang menjadi primadona di Raja Ampat. Mengapa? Supaya sobat tidak susah untuk menentukan lokasi wisata. Untuk membantu sobat, berikut ini 13 Lokasi Wisata di Raja Ampat yang layak Sobat Pertimbangkan !

 1.  Lokasi Wisata Pulau Krie


Pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat diving dan snorkling sampai puas. Sekali menyelam saja, dengan mudah sobat dapat menemukan ribuan spesias ikan, ratusan gugusan terumbu karang dan moluska yang berpadu dalam kesatuan alamiah. Semua keindahan itu membentuk pesona yang sangat menenangkan hati dari kepenatan. Kalau sobat tidak bisa menyelam. Sobat bisa melakukan snorkling untuk tetap menikmati keindahan bahwa laut di Pulau Krie.

2. Pulau Mioskon alias Pulau Kelelawar.


Kata mios berarti pulau dan kon berarti kelelawar maka dapat kita artikan sebagai pulau kelelawar. Di pulau ini sobat akan melihat ribuan kelelawar bergelantungan di pohon. Karena banyaknya kelelawar itulah yang mebuat pulaui ini dijuluki sebagai pulau kelawar. Pulau ini merupakan salah satu dari jajaran kepulauan Raja Ampat yang layak sobat kunjungi.

Dihaimoma.com

Pulau kecil yang indah ini terletak dekat waisai dan tidak berpenghuni. Biasanya, dimanfaatkan para wisatawan untuk surface interval atau tempat beristirahat sebelum menyelam. Kalau sobat suka menyelam maka tempat ini wajib sobat kunjungi. Di sana sobat bisa menyelam di malam hari dan menyaksikan indahnya warna-warni terumbu karang. Semua akan terlihat lebih terang dan bersinar karena mereka mengeluarkan zat sejenis fosofos yang menjadikan glow in the dark.

Di pulau ini juga sobat dengan mudah menemukan berbagai jenis karang, seperti Spanish, dancer, celaner shrimp, serta beragam siput lainnya. Dan yang paling berkesan adalah pada kedalaman sekitar 20 meter, biasanya ditemukan Wobbegong, sosok ikan besar berwarna oranye kecoklatan. Biasanya, ikan ini bersantai  di pasir yang terlindungi terumbu karang.

3. Pulau Friwen


Pulau ini tidak kalah indah dari pulau lainnya di Raja Ampat. Hamparan pasir putih dibibir pantai  yang dihiasi pepohonan bukan hanya menjadi tanda keasrian tempat ini tetapi juga sebagai sebagai simbol keindahan dan kesejuhkan yang memapu mengusir penatmu. Untuk sampai ke tempat ini, sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan speed boat dari Pulau Waigeo.

Setelah tiba sobat bisa menyelam atau snorkeling di tempat yang biasa disebut Friwen Wall. Sobat tidak akan menyesal berada di tempat ini karena Friwen ini merupakan salah satu spot menyelam di Raja Ampat yang banyak didatangi wisatawan domestik dan mancanegara
Dihaimoma.com
Pulau Friwen Raja Ampat [Image:Source]
Pesona bawah laut tempat ini bukan hanya akan membuat sobat menikmati keindahan terumbu karangnya, tetapi juga sobat akan berjumpa dengan ikan-ikan moluska dan makluk laut lainnya. Pada umumnya, mereka yang menyelam di lokasi ini sering melihat Wobbegong. Uniknya, sobat dapat menemukan semua itu meski hanya dengan snorkling karena Wobbegong sering muncul mengendap-endap sampai pada 4 meter di atas  pasir atau di celah karang.

Sobat juga sesekali bisa melihat ikan paus melintas santai sambil menyemburkan air dari kepala raksasanya itu. Sobat juga dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan mulai dari mooray, gurita, kerang, dan lain-lain yang menyatu dan hidup dilaut ini.

Bagaimana rutenya?

Setelah sobat traveler tiba kota Waisai. Sobat tinggal menju pelabuhan Waisai dan naik speedboat ke Pulau Friwen. Di sana sobat bersama keluarga bisa bersantai menikmati semuanya.

Di mana saya nginap, kalau ke Pulau Friwen?

Sobat bisa nginap di Maras Risen Hotel, Papua Explorers Dive Resort, Raja Ampat Biodiversity Resort atau bisa menyewah Homestay. Sobat tinggal sesuaikan dengan rupiah dan juga kenyamanan anda.

4. Pulau Mansuar


Pulau Mansuar juga tidak kalah menarik. Di jamin pulau ini tidak akan membuat sobat kecewa. Terumbu karang, pantai pasir putih, sampai laut yang menjadi rumah bagi jutaan biota laut siap memanjakan anda.

Di pulai ini juga terdapat beberapa cleaning point alias titik penyelaman untuk melihat Manta Ray. Apa sih Manta Raya? Manta Ray adalah ikan yang serupa dengan burung. Mereka hidup berkelompok dan memiliki sepasang tanduk di depan mulutnya. Orang menyebutnya dengan pari hantu. Wow..cukup menyeramkan ya! Tapi, tenang saja ikan ini tidak berbahaya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para  penyelaman di kawasan ini.

Bertemu dan berenang di samping ikan bersayap yang lebarnya mencapai 7,6 meter dengan berat sekitar 2.300 kilogram ini menjadi kepuasan tersendiri bagi para penyelam yang menyaksikan kepakan ikan bersayap ini. Selain itu pulau Mansuar ini juga mempunyai beberapa pantai yang indah,  salah satunya adalah pantai Yen papir.

Dihaimoma.com
                                                                   Pulau Mansuar Raja Ampat[Image: Source]
Resort terkenal di sini adalah Diving yang dimiliki oleh Maximillian J. Ammer seorang warga negara Belanda yang juga merupakan pionir dan penggerak wisata laut di kawasan ini. Awalnya dia berjuang untuk menyiapkan resort ini, setalah itu mengundang turis dari macanegara untuk berkunjung ke Raja Ampat, khususnya Mansuar. Kini perjuangan Itu tidak sia-sia, resortnya selalu penuh dengan pelancong dari luar negeri dan domestik. Seajuh ini tercatat sedikitnya 6000-an turis  pertahun yang berkujung ke tempat ini dan menghabiskan waktu rata-rata selama 2 minggu.

Sejauh ini beberapa tempat di Raja Ampat di kelola pihak swasta dan untuk bisa menikmati beberapa spot di kawasan ini, kita harus menjadi mengunjungi resort-resort itu. Penginapan Papua Diving di sini, terbuat dari dinding dan atap anyaman khas setempat sehingga memberi kesan tradisional yang membuat sobat merasakan suasana berberda dari kehidupan kota.

Penginapan yang beratap anyaman daun kelapa itu bertarif 75 euro atau sekitar Rp. 900 ribu per malam. Jika ingin menikmati diving atau snorkling, sobat harus membayar dengan tarif tertentu yakni sekitar Rp. 360 ribu sekali menyelam.

Kalau sudah puas menikmati keindahan pulau Mansuar. Sobat wajib berkujung lagi ke pulau Wayag, Teluk Mayalibit dan desa wisata Sawingggrai yang tak kalah eloknya.


5. Kepulauan Wayag


Pulau Wayag ini terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Tempat ini terletak cukup jauh dari Raja Ampat dan terdiri dari gugusan pulau kecil yang indah nan memesona. Jadi wajar saja jika tempat ini juga merupakan salah satu pulau terjauh yang milik Raja Ampat.

Bagaimana saya bisa ketempat ini?

Dari kabupaten Sorong, sobat bisa menyewa kapal dengan tarif sekitar 9 jutaan-an. Setelah itu, sobat akan menempuh waktu sekitar 5 jam. Sobat juga bisa ketempat ini melalui Waisai dengan biaya sekita 6 jutaan-an  dengan waktu tempuh sekitar 7 jam.

Dihaimoma.com
Pulau Wayag Raja Ampat [Image: Source]
Supaya bisa lebih lama menikmati keindahan di tempat ini. Saran saya, sobat bisa berangkat pada malam atau subuh dengan target tiba di tempat tujuan pada pagi atau siang hari. Kalau sobat ingin menjelajahi dan mengenal tempat ini lebih mendalam, maka sobat bisa nginap di tempat ini. Di sana terdapat International Conservation dan paginya sobat bisa meminta bantu kepada mereka untuk mengantar sobat berkeliling dan menaiki puncak bukit karst di Wayag yang sangat indah dan memesona.

Pulau dengan hamparan pasir putih ini menjadi raja bagi beberapa pulau kecil lainnya yang mengelilingi pulau ini. Kalau sobat ingin berfoto, sobat juga bisa menuju puncak bukit yang bisa ditempuh selama 1-2 jam pendakian di atas batu karang keras. Sobat harus bertahan melewati jalan yang curam dengen kemiringan 90 derajat. Wow, selain menantang tentu saja dibutuhkan stamina  yang ekstra untuk berhasil mencapai puncak ini. Dari bukit ini, sobat bisa melihat seluruh pemandangan Raja Ampat dalam sekali tatap.

6. Pulau Painemo


Pulau Painemo lumayan terjangkau dari beberapa pulau lainnya di Raja Ampat. Dari pelabuhan Waisai yang menjadi ibu kota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan wisata ke Paimom dapat ditempuh hanya sekitar 2-3 jam, tergantung cuaca dan kecepatan speedboat atau kapal yang anda naiki. Sobat harus relah merogoh kocek sekitar Rp.500.000-Rp.1.000.000 untuk kapal dan Rp.300.000-750.000 untuk speedboat.

Gugusan bukit batu karang (karst)  yang terhampar dikawasan ini tak kalah cantik dengan gugusan karst di Pulau Wayag yang menjadi ikon Raja Ampat. Bedanya,  gugusan pulau  dan karang di Pianamo lebih kecil, maka tempat ini sering disebut juga dengan Pulau Wayag mini.

Sebaiknya, sobat berangkat ke tempat ini subuh. Supaya tiba ditempat ini pagi. cahaya mentari yang berpijar dalam beningnya air laut akan menyambut kedatangan anda di pulau ini. Kalau  sobat hanya ingin jalan-jalan tanpa melakukan apapun, maka jam 06.00 Wit speedboat sudah siap untuk  membawa sobat dari Waisai ke Pulau Pianemo.
Dihaimoma.com
Pulau Peimeno Raja Ampat[image:Source]
Tapi jangan lupa sisikan sedikit rupiah, soalnya kalau sobat sudah tibah di tempat ini bisanya para pengunjung diwajibkan membayar restribusi adat di pos utama yang berada tepat pada jalur masuk pulau Painamo.

Untuk menikmati keindahan alam Painamo. Sobat tinggal naik ke puncak bukit Painamo melalui Jalur yang terjal ke atas bukit yang tentunya dibalut dengan tangga kayu dan sobat harus menaiki sekitar 320 anak tangga untuk mencxapai di puncaknya.

Satu hal yang harus sobat ketahui sebelum memasuki kawasan ini adalah  dilarang menebang pohon yang besar dan juga yang kecil sekalipun. Jadi, pohon kecil dan besar yang melewati anak tangga yang sobat lalui tidak boleh ditebang maka sobat akan menyakisikan pohon-pohon tersebut tetap berdiri diantara anak tangga.

Setelah tiba dipuncak bukit Painamo. Mata anda bukan hanya akan dimajakan m dengan hamparan gugusan kepulauan dan birunya laut tetapi juga dengan hadapan gugusan pulau karang yang melingkar membentuk laguna hijau ditengah birunya samudera siap mengusir lelahmu. Pulau Pianemo menawarkan keindahan landscape yang berjejer bersama gugusan bukit Karst yang indah dan unik.
 

7. Desa Wisata Raja Ampat


Dari 18 lebih desa wisata di Raja Ampat, terdapat 4 desa  wisata yang sangat terkenal di Raja Ampat. Desa itu adalah Yenwaupnor, Sawinggrai, Sauwandarek dan Arborek. Di keempat desana  ini ada banyak aktivitas yang dapat sobat lakukan dalam perjalanan anda.

#. Desa Wisata Yenwaupnor


Yenwapnor merupakan salah desa wisata di Raja Ampat yang dikembangkan pemerintah Daerah Raja Ampat. Di desana ini ada banyak aktivitas yang dapat sobat lakukan.

Tapi, satu hal yang yang menjadi ikon wisata di tempat ini adalah melihat dan menyaksikan keanekaragaman burung surga bernyanyi dan menari dihabitatnya. Tempat yang terletak di kecamatan Meos Mansa, desa Yenwaupnor Kabupaten Raja Ampat ini masih sangat alami dan terawat. Di sini juga terdapat beberapa homestay sederhana yang dapat sobat sewa. Rumah-rumah yang disewakan untuk wisatawan dibangun disepanjangan ditepian laut lepas.
Dihaimoma.com
Desa Wisata Yenwaupnor Raja Ampat[Image:Souce]
Soal pemandangan tidak perlu sobat khwatir. Sobat bukan hanya akan dimajakan oleh beningnya laut dan menyaksikan sunset dari sebuah dermaga yang dibangun menjorok ke laut. Sobat juga bisa berfoto sambil menunggu mentari tenggelam bersama senjah. Sobat juga bisa bermain dan bercanda bersama anak-akan asli di tempat ini, mereka sangat ramah terhadap wisatawan dari manapun.

Dan Hanya di sini, sobat dapat menjungi burung cendrawasih di hutan dan sekaligus bermain di Pantai. Sobat bisa ajak anak-anak sali di sini untuk berenang bersama untuk melihat keindahan alam bawah laut Yenwaupnor. Nah, bagi  yang menyukai kuliner, homestay-homestay di Yenwaupnor biasa menghidangkan makanan khas di pulau ini yang diolah dari ikan-ikan segar. Hal luar biasa lainnya adalah sobat dapat meminta masyarakat setempat untuk mengantar sobat mengunjungi tempat-tempat indah lainnya di pulau ini.

Bagaimana saya kesana?

Yenwaupnor ini bisa Anda capai dengan menaiki speedboat dari Waisai.

#. Desa  Sawinggrai


Cenderawasih merah adalah ikon khas desa ini. Sama seperti sebelumnya, di Desa Sawinggrai ini sobat bisa menenonton kelincahan burung surga itu menari pada habitat aslinya. Biasanya, pemantauan cenderawasih dilakukan dari rumah-rumah kayu yang disediakan masyarakat setempat. Mereka telah memetakan lokasi cenderawasih menari dan mencari makan.

Di sini terdapat empat jenis cenderawasih yang dapat sobat amati. Cenderawasih merah, cenderawasih belah rotan, cenderawasih kecil, dan cenderawasih besar. Cenderawasih merah atau dikenal dengan nama Paradiseae Rubra menjadi ikon khas Desa Sawinggrai. Cuman, untuk menikmati tariannya, sobat harus rela mendaki bukit Manjai Sawinggrai selama kurang lebih 30 menit.
Dihaimoma.com
Desa Sawinggrai Raja Ampat[image:Source]
Atraksi nyanyian dan tarian burung cenderawasih itu  tidak dapat disaksikan setiap waktu. Burung surga ini memiliki jadwalnya sendiri. Pada pagi hari sekitar pukul 07.00 sampai 09.00 dan sore sekitar 16.00 sampai 17.00. Bukan hanya itu, wisatawan  juga dapat memberi makan ikan atau melakukan snorkeling di pantai desa Sawinggrai.  Uniknya lagi, Ikan-ikan liar di sekitar dermaga  ini tak segan  berlarian merebut makanan ditangan anda ketika Anda mencelupkan tangan ke dalam air.

Bagaimana bisa saya sampai di tempat ini?

Untuk mencapai Desa Sawinggrai ini, sobat  bisa berangkat dari Waisai, Ibukota Raja Ampat.  Sobat dapat menempuh Jarak Waisai-Sawinggrai hanya 2-4 jam perjalanan. Yah..tergantung jenis kapal yang sobat tumpangi. Sobat juga bisa dari pelabuhan Usaha Mina, sorong langsung menuju Sawinggrai  dengan  menyewa kapal cepat.

Berapa Biayanya?


Biaya perjalanan dari Waisai ke Sawinggrai selalu bervariasi tergantung jenis kapalnya. Kalau  sobat numpang perahu masyarakat,  maka ongkosnya sekitar Rp 150.000 ribu. Tapi, kalau menyewah kapal cepat Rp 500 ribu.

Dimana saya menginap?

Jika Anda ingin nginap di tempat ini, masyarakat di Desa Sawinggrai menyediakan homestay yang dapat disewa. Ada sekitar 5 homestay yang dibungun di atas laut di sepanjang dermaga. Setiap homestay terdiri dari dua kamar dan satu ruang tamu. Tersedia pula kursi-kursi rotan dan tempat tidur sederhana di setiap homestay yang beratapkan jerami tersebut. Biaya sewanya, cukup terjangkau. Semalam, dikenakan biaya Rp 500 ribu per orang.  Enaknya, harga dengan tarif segitu sudah termasuk tiga kali makan, memberi makan ikan, snorkeling, dan menonton atraksi cenderawasih di desa ini.

Makan yang disediakan itu pun sangat menggugah selera, seperti ikan, cumi, udang, dan hasil laut lainnya yang diolah sedemikian rupa. Selain itu sobat bisa bisa mencicipi sagu kelapa yang dibakar dalam cetakan yang manjadi cemilan khas di tempat ini.



#. Desa Sauwandarek


Desa Sauwandarek merupakan salah satu desa wisata di Raja Ampat yang ramai dikunjungi orang. Desa ini terletak di Distrik Meos Mansar. Selain menawarkan pesona bawah laut yang menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut. Sobat dapat dengan mudah menemukan Biota laut seperti kuda laut mini, udang mantis, blue ring octopus, ikan mandarin, kakap, dan ekor kuning disekitar desa ini dan Tidak jarang pula sobat bisa berpapasan dengan gerombolan ikan tuna atau barakuda ketika sedang menyelam.

Di sini sobat bisa snorkeling dan juga diving. Letak Desa Sauwandarek yang berada tepat di Selat Dampier membut tempat ini  kaya akan titik penyelaman. Suasana tradisional yamg lahir dari hiasan arsitektur rumah berdinding kayu dan beratapkan jerami menjadi nilai senih tersendiri yang akan sobat nikmati. Para mama Papua di temat ini pun melakukan kegiatan ekonomi kreatif dengan membuat kerajinan tangan berupa topi dan tas dari daun pandan laut yang di jaul dengan harga berkisar antara sekitar Rp25-Rp50 ribu dapat sobat beli sebagai oleh-oleh.
Dihaimoma.com
Desa Sauwandarek Raja Ampat[Image:Source]
Satu hal yang membuat desa ini unik adalah keberadaan sebuah telaga. Masyarakat asli di sini  biasa menyebut telaga ini dengan Telaga Yenauwyau yang  Airnya asin.  Menurut cerita masyarakat, telaga ini dulu ada gua yang menghubungkan Telaga Yenauwyau dengan laut. Masyarakat asli di sini percaya kalau di telaga itu, terdapat penyu putih yang menghuninya. Jika ada orang yang kebetulan menjumpai penyu itu, mereka meyakini orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan. Telaga ini masih dihiasi panorama alami yang bagus dan terdapat pulah satu dermaga yang dapat dijadikan untuk melepas lelah setelah berjalan dari desa menuju ke tempat tersebut. Kalau lagi beruntung, sobat bisa menemukan burung maleo yang juga merupakan burung endemik di tempat ini.

 Bagaimana Rute untuk ke tempat ini?

Bagi sobat yang hendak berkujung ke Desa Sauwandarek. Sobat  bisa berangkat dari Kota Sorong ke Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat, Waisai. Dari situ, sobat dapat menggunakan perahu ke Sauwandarek ini dengan waktu tempu kurang lebih 7-8 jam.

#. Desa Wisata  Arborek


Desa ini sangat polular di Raja Ampat dalam kategori desa wisata. Dari 18 yang telah memulai mengembangkan peraturan lokal mengenai konservasi laut berbasis kemasyarakatan yang berlangsung pada tahun 2015. Desa Arborek telah mendapatkan reputasi yang luar biasa di antara otoritas lokal dan masyarakat internasional.

Dengan bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, dari pusat penelitian, dan organisasi non-pemerintah, masyarakat setempat telah berhasil merumuskan peraturan setempat. Jadi, soal keindahan yang ditawarkan di tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Sepanjang dermaga di Arborek, penyelam bisa langsung terujun menyelam dalam beningnya air laut. Di sini sobat bisa Snorkeling, Diving, Fishing, mengelilingi Pulau Arborek sampai dengan melihat-lihat proses pembuatan kerajinan tangan khas desa Arborek oleh mama-mama Papua.

Oyah jangan lupa bawa peralatan smorklin, karena di desa ini tidak ada tempat penyewaan.

Tapi, ingat sobat. Di sini dilarang mengambil karang dan biota laut yang mati maupun hidup, membuang jangkar, pemboman dan membius ikan, Reklamasi dan budidaya ikan serta wisatawan hanya diizinkan mancing sekitar 200 meter ke arah laut.
Dihaimoma.com
Desa desa Arborek Raja Amat [Image:Source]
Orang-orang di Arborek sangat ramah dan rajin. Mereka dikenal kerajinan dalam membuat kerajinan tangan berupa topi dan tas string. Mama-mama di desa ini memproduksi kerajinan sebagai mata pencaharian.

Bagaimana rute ke tempat ini

Kalau sobat dari luar Papua untuk mencapai lokasi ini,  harus membeli tiket pesawat tujuan sorong. Kalau menggunakan Kapal Laut tersedia juga kapal seperti Dorolonda, Labobar, Gunung Dempo, Sinabung, Tatamailau dan lain-lain dengan tujuan pelabuhan Sorong. Dari, Sorong sobat dapat menyewah perahu motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong  untul langsung menuju  Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Dari situ sobat melanjutkan perjalanan sekitar 1 jam menggunakan longboat sewaan. Longboat dapat dipesan melalui homestay atau toko peralatan diving yang ada.

8. Kali Raja-Teluk Kabui


Teluk Kabui  ini terletak tepat di antara Pulau Waigeo dan pulau Gam. Dari Waisai yang menjadi ibu kota Raja Ampat, tempat ini sedikit tidak terjangkau dengan mata telanjanng. Sobat hanya akan melihat bebera pepohonan hijau yang menghiasi sebuah bukit. Teluk ini memiliki belasan pulau-pulau karang yang berjejer rapi dengan berbagai macam ukuran dan bentuk sambil memantulkan aurah memukau dalam segalah keelokannya.

Air laut disini sangat bening tetapi dari ketinggian sobat akan melihat airnya sangat biru. Sobat dengan muda akan menemukan ribuan ikan-ikan laut yang bermain di hamparan terumbu karang yang indah.  Sobat bisa memotret kekayaan biotanya sangat menarik untuk diabadikan, tebing-tebing di sekitar yang menjurang tinggi dan Ratusan pulau-pulau kecil seukuran rumah lainnya yang bertebaran di atas permukaan laut. Selain Indanya teluk Kabui, sobat juga bisa mengunjungi goa tengkorak dan situs sejarah Raja Ampat di kali Raja.
Dihaimoma.com
Teluk Kabui Raja Ampat[image: Source]
Kamu bisa melihat benda-benda purbakala yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Seperti tulang manusia, tempat tidur, piring dan perkakas rumah tangga lainnya  yang berada pada gua kecil di pulau dekat kampung Wawiyai. Benda-benda itu dipercaya masyarakat asli kampung Wawiyai sebagai tulang belulang nenek moyang mereka. Sayangnya, untuk menuju ke sana, sobat tidak bisa sendiri dan harus ditemani tokoh adat setempat.

Disana juga terdapat Passage yang juga merupakan salah satu spot favorit penyelaman di Raja Ampat. Teluk Kabui  ini merupakan salah satu tempat dengan pulau-pulau karang tersebar di Raja Ampat. Salah satu tempat yang menjadi ikon wisata di tempat ini adalah batu pensil. Bentuknya berupa berupa batu raksasa yang berdiri tegak di tengah lautan Teluk Kabui. Sebenarnya, bentuk bantu ini tidak serupa dengan pensil, tapi apalah daya nama itu sudah terlanjul dikenal para wisatawa dan digunakan oleh semua kalangan.

9.  Pulau Misool


Dihaimoma.com
Wisata kepulauan Misool [image:Source]
Pulau Misool adalah pulau besar kedua yang dimiliki kabupaten Raja Ampat. Pulau ini berbatas langsung dengan laut seram. Pulau ini terbagi atas tiga bagian. Misool timur selatan dan misool barat. Daerah ini dikenal akan keanekaragaman laut, darat, budaya, adatnya yang khas dan unik.

Di pulau ini sobat akan disungguhkan dengan panorama khasnya, mulai dari hamparan laut luas yang amat bening, hamparan pasir putih pantai yang dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove hijau yang indah  sampai dengan puluhan terumbu karang yang menjadi rumah bagi 75 persen jenis ikan hias. Bagai sobat yang suka menyelam, di pulau ini ada beberapa titik penyelaman yang  menawarkan pengalaman spektakuler untuk menjelajahi suga bawa laut terindah di dunia. Uniknya,  sobat akan berpapasan langsung dengan beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya menghuni surga bawah laut Pulau Misool ini.

Kegiatan

Di Pulau Misool sobat bisa Snorkeling dan diving. Kedua kegiatan ini adalah dua hal yang memang identik dengan pulau ini. Terdapat banyak sekali titik penyelaman yang menyimpan pesona keindahan. Watu satu hari akan terasa kurang untuk menjelajahi semua titik-titik penyelaman di tempat ini. Hal menyenangkan lainnya dalah Scuba Diving atau kayaking adalah pilihan olah raga air yang paling tepat saat berkujung ke tempat ini.


Bukan hanya itu, sobat juga bisa berenang, berjemur, atau sekedar duduk santai di tepi pantai dan menghabiskan waktu juga dapat menjadi pilihan anda. Sobat juga bisa menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa desa di sekitar Pulau Misool. Sobat akan terpanah menyaksikan budaya, adat istiada, serta tradisi dan keramahan masyarakat asli setempat. Atu bisa juga  sobat menjelajahi hutan mangrove untuk menyaksikan burung-burung serta binatang lainnya di alam liar pasti akan turut menjadi pilihat yang dapat sobat pertimbangkan.

Selain itu, sobat juga bisa menyempatkan waktu untik mengunjungi lukisan berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya yang disebut sebagai petroglyph. Lukisan cantik berwarna dominan merah itu diperkirakan berusia 5.000 tahun. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan.

Rute ke Misool

Kalau dari luar Papua, sobat bisa beli tiket menuju Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Setelahnya, sobat bisa memilih ikut tur menggunakan perahu pinisi menju Pulau Misool. Atau sobat bisa jalan kesana melalui paket tur, dimana kapal dapat dijadikan kendaraan sekaligus tempat menginap untuk menjelajahi suga wisata Papua itu.

10. Pulau Batanta


Pulau Batanta merupakan pulau besar keempat di kepulauan Raja Ampat. Di setiap tempat tentunya memiliki kecantikan alamnya yang unik dan istimewa. Keistimewaan Pulau Batanta di Raja Ampat terletak pada wisata bahari dan juga wisata air terjun dalam hutam  yang masih alami nan eksotis.

Air terjun dengan 10 meter ini teletak di pedalaman hutan bakau Pulau Batanta. Sobat bisa menggunakan speed boat untuk menjangkau tempat itu. Sobat juga akan menemukan sebuah goa kecil dibelakang air terjun yang bisa dimasuki maksimal 5 orang.

Selain  hal-hal di atas sobat juga bisa menyaksikan burung cenderawasi  menari dan berkicau di habitatnya. Tapi, ingat kalau ke sini sebaiknya bersama tour guide supaya sobat di arahkan ke tempat-tempat yang bisa di datangi burung tersebut.
Dihaimoma.com
Pulau Batanta Raja Ampat[Image:Source]
Sobat juga akan dimanjakan oleh indahnya laut di sekitar Pulau Batanta. Meskipun di sini garis pantainya tidak terlalu luas  seperti tempat lainnya tetapi bukan berarti tidak lengkap. Air laut yang biru dan bening dengan pasir putih pantai yang lembut dan terumbu karang indah dan eksotis yang menjadi rumah bagi ratus biota laut sudah mejadi hal yang identik dengan raja ampat, terutama di titi-titik wisatanya. Sobat juga bisa mengunjungi desa wisata Marandanweser dan Waiweser sekaligus menyewakan homestay.

Sobat juga dapat menyelam di spot penyelaman yang menjadi favorit wisatawan untuk menyaksikan langsung bangkai pesawat bekas Perang Dunia II di dasar laut.

Sobat jangan lupa memabawa sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari atau sertakan perlengkapan seperti topi atau kacamata hitam.

Semua keistimewaan di atas ini  menjadikan Pulau Batanta sangat layak untuk dijadikan tempat berlibur. Sobat juga bisa membawa kota P3K  sendiri untuk berjaga-jaga karena di sana jauh dari rumah sakit. dan juga obat nyamuk. Nyamuk di Raja Ampat terkadang menyerang kalau malam tiba, apa lagi kalau tidak ada kelambu.

Catatan kalau sobat berangkat ke Raja Ampat sobat tidak akan kesusahan akan penginapan. Di sana banyak pilihan terkait tempat tinggal. Mulai dari yang bertarif 5 juta  sampai 350 ribu rupiah per malamnya.

11. Pulau Waigeo


Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar pertama di Raja Ampat. Nama lain pulau ini sering juga disebut denegan Amberi atau Waigiu. Pulau ini terletak di antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua dan berjarak sekitar 65 km ke barat laut Papua. Pulau ini luasnya  3155 km² dengan titik titik tertinggi 1000 m. Jarak antara barat ke timur kurang lebih 110 km dan utara ke selatan kurang lebih 50 km.

Di Waigeo Utara sobat bisa menyaksikan kesenian suling tambur tapi sayangnya momen ini hanya berlangsung pada hari besar atau saat penyembutan tamu penting. Sobat juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata, mulai dari goa-goa peninggalan perang dunia II, Panorama bawah laut, serta atraksi budaya berupa tari-tarian tradisional yang dipentaskan masyrakat asli. Selain itu sobat bisa mengungjungi Waigeo Timur barat dan selatan yang tidak kalah indah dari tempat lainnya.

12. Pulau Gam


Pulau Gam ini  terletak tidak jauh dari Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat. Pulau ini menawarkan aktivitas wisata yang tak kalah jauh dengan kepulauan liannya. Kegiatan utama di pulau ini masih seputar diving, snorkeling, dan birdwatching. Rimbunan terumbu karang yang memadati selat Dampier di pesisir selatan pulau dan deretan tumbuhan bakau yang turut memadati kawasan tersebut sangat cocok untuk sobat jelajahi. Kamu pun dapat meminta pemilik bungalo untuk memandu kamu ke Manta, wilayah barat Mansuar, kalau kamu ingin melakukan kegiatan snorkeling.

Pulau Ini tersohor akan panorama pantai yang cantik dan indah. Airnya  lautnya yang  berwarna toska bening, ombaknya yang tentang dengan jajaran pepohonan yang hijau dan rimbun, pasir putih berkilau, langit biru berhiaskan awan putih dalam ketenangan semilir angin nan sejuk akan membuat anda tak kuasa berpaling.
Dihaimoma.com
Pulau Gam[Image: Source]
Pulau ini terletak jauh dari jangkauan keramaian manusia. Untuk menju kesana, Sobat  harus menyewa kapal atau perahu dari Waisai. Oyah jangan lupa melakukan perjanjian dengan operator kapal untuk  antar-menjemput ditempat penginapan dengan dana sekitar sekitar Rp.900.000.

Di tempat ini terdapat 3 spot utama. Selat, teluk barat, dan satu teluk yang cukup tersembunyi. Bagian selat menjadi pemisah antara Gam dan Wigeo dengan hamparan pemandangan pulau-pulau kecil yang terhampar indah. Dalam aktifitas selam, sobat juga akan berpapasan dengan derentan koral dan ikan hiu yang berkeliaran dibahwa laut  pulau ini.  Pulau ini mulai tenar dikalangan turis lantaran area resort yang berdekatan dengan spot wisata.

13. Sungai Kali Biru Raja Ampat


Tempat ini menjadi kali biru satu-satunya yang dikenal dan terkenal di Raja Ampat. Berwisata ke kali biru akan membuat sobat terpesona.Tempat ini terletak dikawasan Teluk Mayalibit. Kalau sobat mau ketempat ini maka butuh trekking masuk ke dalam hutan kurang lebih selama 30 menit. Kalau sobat dari waisai sobat hanya membunuhkan waktu sekitar 1 jam naik speedboat. Sobat akan ditemani oleh pemandu wisata, Marcis Daman dan kawan-kawannya.
Dihaimoma.com
Kali biru Raja Amat[Image:Source]
Air di kali ini berwarnah biru alami dan sangat jernih dan Suhunya sangat dingin dan segar. Sakin jernihnya, sobat dapat melihat dasar kali ini dengan jelas dari pinggirannya. Tapi, kalau belum mahir berenang jangan coba-coba melompat ya, kadang kedalamnya mencapai 5-7 meter. Kali ini sangat dingin. Sakin dinginnya, kalau sobat menimbah air kalibiru di botol maka air tersebut akan nampat seperti air yang baru dikeluarkan dari kulkas. Uniknya, di bagin muarah kali ini memiliki dua suhu, dingin dan hangat.

Dengan demikian itulah lokasi wisata terbaik di Raja Ampat. Sebetulnya, terdapat puluhan dan bahkan ratusan tempat yang dapat sobat jadikan sebegai tujuan wisata di Raja Ampat tetapi setidaknya dari banyak itu ke-13 tempat di atas ini dapat sobat pertimbangkan dalam perjalanan wisata anda ke Raja Ampat.  Semoga membatu ya!

Dihaimoma Menulis Updated at: 12/10/2017 08:08:00 pm

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon