Tempat Wisata di Jayapura: Ini 13 Tempat yang Layak Sobat Kunjungi

Dihaimoma menulis

Wisata Jayapura- Jayapura merupakan salah satu kota tertua di Papua. Tua, karena kota ini sudah berdiri sejak zaman Belanda. Saat itu, kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachses  pada 7 Maret 1910 dan dikenal dengan nama Holandia.

Saat ini Jayapura merupakan ibu kota provinsi di Papua dan telah berkembang menjadi salah satu kota besar di Papua. Kota yang identik dengan Persipura ini, menyimpan beragam objek wisata yang siap membuat mata anda melongo. Mulai dari objek wisata Pantai, wisata alam, wisata danau sentani, wisata air terjun sampai dengan wisata sejarah dan budaya dapat sobat temukan di kota Jayapura.

Tapi, apakah sobat sudah tahu tempat-tematnya? Kalau belum, Berikut ini 13 objek wisata di Jayapura yang layak sobat kujungi!

Baca: Danau Sentani di Jayapura: Ini 7 Fakta yang Belum Anda ketahui!

#. Wisata Pantai di Jayapura


Kota ini kaya akan wisata pantainya yang indah. Dalam artikel ini, Dihai telah merangkum 9 tempat  wisata pantai di Jayapura yang layak sobat kunjungi. Dijamin, sobat tidak akan menyesal ketika berkujung  ke tempat wisata kebanggaan masyarakat Jayapura berikut ini:

1. Wisata Pantai Bese G


Salah satu tempat wisata pantai di kota Jayapura yang populer adalah Pantai Base G. Pantai ini terletak di bagian Barat Kota Jayapura dan hanya berjarak 9 Km dari pusat kota. Untuk sampai ketempat ini, sobat hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit.

Pantai yang dikenal juga dengan nama tanjung Riau ini menjadi saksi bisu kehadian tentara sekutu diwilayah ini. Pada masa perang dunia II, Pasukan sekutu mendirikan basis militer di kawasan ini dengan nama Base G Camp dan dari situlah nama Pantai Base G itu diangkat.

Ombak di pantai ini cukup menantang karena memang berhadapan langsung dengan laut Pasifik. Pasir putih pantai halus yang bertabur dalam  polesan ombak. Hamparan pepehonan hijau disekujur bibir pantai yang membujur rapi, akan turut memeberi kenyamanan yang mampu mengusir segalah kepenatan.
Dihaimoma.com
Pantai Base G [image:Source]
Kalau sobat tetarik berkujung ketempat ini. Sobat hanya perlu membayar 10 ribu untuk kendaraan roda dua dan 20 ribu untuk roda emat. Itu hanya uang masuk ke area pantai. Setalah masuk, sobat harus membayar uang parkir yang lumayan mahal, 20 ribu untuk roda dua dan 50 ribu untuk roda emat. Jadi, jangan lupa bawa rupiah yang cukup ya!

Bagaimana Rutenya?

Kalau sobat dari Bandara Sentani, bisa langsung menggunakan Bus Damri dengan tarif 70 ribu menuju kota Jayapura. Dari sana sobat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum dengan biaya 7 ribu/Orang. Setalah itu, sobat lanjut lagi perjalanan menggunakan jasa ojek dangan taif 15 ribu.

Sebetulnya, kalau melalui rute ini sih ribet. Sobat harus kontak-ganti angkot dan ojek. Lebih baik sobat menyewah mobil dengan tarif  Rp. 500 ribu untuk seharian. Dengan begitu, sobat bisa leluasa mengunjungi tempat ini. Terlebih, sobat bisa lebih lama di tempat ini menjelajahi dan menikmati keindahannya sampai puas.

2. Pantai Harlem


Pantai ini merupakan surga wisata pantai tebaik di Jayapura, namun belum banyak pencita wisata yang mengenal tempat ini. Obyek wisata yang satu ini terletak di kabupaten Jayapura, tepatnya di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre.

Soal keindahan dan keasrian tempat ini, dijamin sobat tidak akan menyesal. Di pantai ini sobat dapat menemukan terumbu karang dan biota laut lainnya dengan mudah. Sobat tidak perlu menyelam hingga ke laut dalam.
Pantai Haerlem[Image:Source]
Sejumlah fasilitas yang terdapat di tempat ini adalah enam pondok dan empat kamar mandi untuk berganti pakaian. Selain itu terdapat pulah ayunan tali yang disewakan. Ayunan itu diikat ke pohon dan juga tiang, sehingga dalam sekali ayung sobat bisa lebih leluasa mengeksplorasi pantai ini.

Wisatawan juga bisa menyewa pondok untuk bersantai dengan tarif 150 ribu. Setelah mandi air asin di Laut. Sobat juga bisa membersikan dan membilas diri disebuah kolam air tawar alami yang terletak sekitar 8 meter dari bibir pantai. Kolam ini pun sangat jerni dan asri.  Uniknya, umur kolam ini sudah ratusan tahun.

Kekurangannya, di pantai indah ini tidak ada penginapan dan restoran. Jadi, sobat harus menyiapkan bekal yang cukup untuk menopang kebutuhan sobat selama di pantai ini.

Kalau sobat ingin berkujung maka perjalanan ke Pantai ini hanya bisa dijangkau melalui jalur laut. Jarak dari Kota Jayapua ke Dermaga Depepre sekitar 48 km tapi kalau dari kota sentani hanya sekita 22 kilometer. Dari Dermaga Depepre, sobat tinggal menyewah perahu motor berkapasitas 10 orang dengan tarif 400 ribu untuk menju ketempat ini dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Baca juga:

3. Pantai Pasir Dua


Pantai Pasir Dua, terletak dekat kota Jayapura. Sobat dapat menjangkau tempat ini munggunakan kendaraan umum di Jayapura menju kompleks perumahan BLK. Setelah tiba, sobat bisa melajutkan pejalanan kurang lebih 100 meter  jalan kaki atau bisa juga menggunakan perahu selama 20 menit.

Pantai ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga. Selain karena letaknya yang dekat dengan kota Jayapura, ke tempat ini juga tidak memerlukan biaya yang besar. Sobat hanya akan dikenahkan biaya masuk wilayah pantai dengan tarif 10 ribu/orang.
Pantai Pasir dua[Image:Source]
Pasir di pantai ini memiliki dua warna, putih dan hitam. Pasir putih yang nampak dipemukaan dibalut dengan lapisan pasir hitam dibagian belakangnya. Jadi itulah sebabnya pantai ini dinamai " Pantai Pasir dua".

Di sepanjang kanan dan kiri Pantai ini dikelilingi oleh bukit karang yang bagian pemukaannya diditumbuhi pepohonan. Airnya cukup bening. Ombaknya tidak telalu besar. Selain berenang, berjemur dan snorkling. Sobat juga bisa memancing di pantai ini. Selain itu, pantai ini sering diguanakan anak-anak pencita alam untuk berkemah jadi kalau sobat mau berkemah di pantai ya, silakan saja.

Tempat ini layak sobat kujungi. Sobat, bukan hanya akan dimajakan oleh indahnya pantai tetapi juga pendakian susunan anak tangga dari beton yang tersusun rapi. Masyarakat di sini menyebutnya sebagai  tangga seribu.  Mengapa bernama tangga seribu? katanyasih, karena jumlah anak tangganya berjumlah seribu.

4. Pantai Pasir enam


Salah satu wisata pantai di Jayapura yang dapat sobat pertimbangkan adalah Pantai Pasir 6. Pantai yang terhampar jauh ke samudra paisifik ini sangat cantik dan indah. Kecantikannya itu, kini menjadi daya tawar yang harus dipertimbangkan para pengunujung. Pantai dengan panorama memikat ini terletak di distrik Jayapura Utara. Pantai ini masih tergolong di tengah kota tetapi cukup sulit dijangkau. Sobat harus menyewah perahu motor untuk sampai di pantai ini.

Rutennya, sobat harus menuju Pantai Dok VIII. Selanjutnya, sobat bisa langsung menyewa perahu motor menuju Pasir Enam. Tarifnya, tergantung kapasitas dan negosiasi dari sobat. Sobat bisa sampai di pantai pasir enam dalam waktu 30 menit kedepan, tergantung kecepatan perahu anda melaju. Selama perjalanan sobat sudah bisa menikmati keindahan laut biru dari atas perahu.
Pantai Pasir enam[Image:Source]
Sebetulnya, bisa melaui jaur darat, namun akasesnya agak sulit karena harus berjalan kaki melalui jalan setapak melewati hamparan hutan dan lembah gunung Cyclops. Sobat akan memulai perjalanan dari perumahan Bucen VI kemudia menempuh jarak sekita 3 km. Sepanjang perjalanan, sobat akan dimanjakan oleh hampatan hutan hijau yang alami, bebatuan gunung, air terjun dan jurang yang tentunya menjadi saksi kealamian temat ini.

Jalur darat ini sangat cocok buat wisatwan yang menyukai hiking atau tantangan. Pantai ini berpasir putih. Latar pantai ini dihiasi oleh kawasan perbukitan yang indah. Pantai pasir 6 ini tidak memiliki garis pantai yang luas dengan ombak yang cukup besar. Jadi, bagi sobat yang belum mahir berenang bisa membawa perlengkapan renang yang memadai. Kalau tidak menyelam, Sobat juga bisa bersantai di tepi pantai atau bakar-barak ikan bersama keluarga.

Kalau sobat mahir berenang, sobat bisa snorkling sepuasnya di pantai ini. Tapi, peralatannya  harus bawa sendiri. Di pantai ini tidakada penyewaan pasilitas renang dan lain-lain.  Tidak jauh dari pantai ini terdapat muara sungai yang  mengalir ke laut. Air di muara sungai ini cukup dinging dan masih sangat bersih. Bagi sobat yang tidak mahir berenang atau bosan dengan air asin, bisa memanjakan diri di air tawar ini.

  5. Pantai Holtekamp


Pantai holtekamp merupakan salah satu tempat wisata laris manis di Jayapura. Pantai ini teletak di Koya utara dan tidak jau dari kota Abepura dan sentani. Perjalanan menju tempat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Sentani, 2 jam dari kota Jayapura dan 1 jam dari Abepura.  Kalau dari Jayapura, sobat bisa menggunakan jalur laut karena jaraknya sangat dekat.
Pantai Hotekamp
Oyah kalau naik motor atau setir mobill sendiri. Sobat  bisa gunakan Google Map dan ikuti petunjuknya plus sesekali menanyakan rutenya ke orang yang anda temui, dijamin pasti ketemu. Solanya, pantai ini sangat dikenal. Pantai Holtekamp ini tersohor akan bibir pantainya yang luas dengan hamaran pasir putih di sepanjang pesisir pantai.

6. Pantai Hamadi


Pantai Hamadi terletak kurang lebih 6 km di sebelah selatan kota Jayapura. Pantai ini merupakan saksi bisu kehadiran pasukan sekutu menggunakan pesawat Amphibi pada tahun 1944. Di pesisir pantai inilah  dulu pasukan sekutu membaguan basis untuk menghadapi pasukan Jepang yang menguasai beberapa wilayah Pasifik.

Pantai ini terketak bersebelahan dengan Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) X. Pantai ini terhampar di tas lahan seluas 5 hektare  dengan garis pantai yang cukup luas. Untuk memasuki pantai ini sobat akan dikenakkan biaya sekitar 10 ribu untuk kendaraan roda dua dan 20 ribu untuk roda empat.

Pantai Hamadi memang berpasir hitam tetapi pasirnya sangat lembut jadi sangat nyaman untuk berjalan dan berjemur di atasnya. Di sepanjang bibir pantai bejejer beberapa honai (tempat bersantai) yang dibangun masyarakat sekitar juga disewakan dengan tarif 25.000 Ribu samai 100.000 Ribu untuk seharian bersantai. Sobat juga bisa bersantai dibahwa pepohonan cemara yang tumbuh membentuk sombar di sepanjang pantai. Masyarakat sudah membangun tempat bersantai di tempat ini.
Pantai Haoltecamp[Image:Source]
Satu hal yang membedakan pantai ini dengan Pantai lainnya adalah sobat akan menyaksikan sun set yang sangat menakjupkan di sore hari. Sobat akan melihat sang mentari tenggelam di bali beberapa pulau kecil yang berjejer di sekitar teluk Youtefa.

7. Pantai Kamdera Jayapura


Pantai Kamdera terletak di Desa Kamdera. Sebenarnya, tempat ini bernama asli Desa Tarfia. Tapi, dalam administrasi sudah terlanjul dikenal dengan nama Desa Kamdera. Pantai yang indah dan eksotis ini tidak banyak di ketahui orang. Jadi, kalau sobat berkunjung akan terasa seperti pantai sendiri, kecuali hari libur.

Hal yang membuat pantai ini unik adalah sepanjang bibir pantainya ditumbuhi pohon cemara yang rindang dan beberapa pohon kelapa. Sobat akan melihat pepohonan itu condong ke pantai seperti lagi menonton wisatawan berenang. Tidak juh dari tempat ini, terdapat kali kecil yang sangat jernih. Sobat bisa memilih berenang di laut atau di kali.

Kalau sobat ingin bermalam sobat bisa berkemah di sepanjang pantai ini atau bisa juga menyewah penginapan yang ada di tempat ini. Selain berenang dan berjemur, sobat juga bisa memancing dan menyewah perahu untuk berkeliling kemikmati keindahan Pantai ini.

Sayangnya, di pantai ini tidak ada penyewaan peralatan renang. Jadi, sobat harus siapkan dan bawa sendiri dari rumah.

Lokasi Pantai Pantai Kamdera terletak lumayan jauh dari pusat Kota Jayapura. Jadi, sobat butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk menempuh jarak sekitar 80 km dari Jayapur menju Demta mengunakan kendaran roda dua atau empat. Tapi justru karena jauh dari pusat kota inilah yang mebuat pantai ini tetap alam dan memesona. Dijam perjalanan sobat yang jauh akan terbayar dengan eloknya pantai ini.

 8. Pantai Yakoba


Pantai Yakoba merupakan salah satu pantai yang masih asri dan tejaga secara alami di Jayapua. Pantai yang teletak dibalik tebing dan bukit ini belum banyak di kenal orang. Akses untuk sampai ke temat ini tidak begitu mudah. Lokasi pantai ini teletak di Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan. Pantai ini hanya memiliki garis pantai kurang lebih 80  dan tergolong pantai yang sepi.

Untuk mencapai tempat ini sobat bisa menggunakan kendaaan roda empat atau dua. Tapi, saran saya sobat naik ojek saja sampai mencapai lokasi pantai. Ongkosnyasih, tergantung kemahiran sobat bernegosiasi dengan mas ojek, tapi biasanya berkisar antara Rp. 15.000-30.000.
 Dihaimoma.com
Pantai Yacoba[image: Source]
Kalau sobat mengunakan jasa ojek maka kendalanya saat sobat mau pulang sobat harus berjalan kaki karena tidak terdapat pangkalan ojek di daerah terdekat. Kalau fisik sobat tahan banting akan lebih baik kalau sobat jalan kaki untuk pergi dan pulang ke pantai ini. Selain untuk menghemat isi kantung anda, sobat juga bisa menikmati pemandangan alam yang terdapat di wilayan ini lebih lama.

Pantai ini bukan saja indah dan eksotis tetapi juga sepih. Sobat akan merasa pantai ini seperti pantai milik sendiri. Meskipun sepih, sobat tidak perlu khawatir karena di sini juga di huni oleh beberapa warga dan yang sangat luar biasa adalah meski jumlah warga tidak seberapa tetapi mereka mampu menjaga kebersihan pantai secara utuh dan menyeluruh seghingga pantai ni benar-benar teawat. Di pantai ini sobat bisa melakukan aktivitas seperti berenang, berjemur dan memancing ikan. Salah satu hal yang paling menarik adalah di sore hari sobat bisa menyaksikan sun set yang mega di pantai ini.

9. Pantai Amai


Pantai ini sangat cocok buat buat sobat yang ingin melepas kepenatan. Pantai Amai sendiri terletak di distrik Depapre, Jayapura dengan jarak sekitar 5 Km dari pusat kota.

Pantai Amai di kena banyak orang bukan saja karena keindahannya tetapi juga kerana luas pasir pantainya yang membuat anda lelah untuk berlari.  Di pantai ini sobat bisa bermain pasir, bermain Volly, bola kaki,  snorkling, diving, surving atau hanya sekedar berjemur di Pantai ini. Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat sungai airtawar yang bermuara di bibir pantai. Sobat bisa memilih, hendak menikmati air tawar atau asin.

Ombak di pantai lumayan besar. Bagi para pencita ombak, tidak rugi kalau bermain ke pantai ini. Kalau hari bisa, pantai ini tergolong sepi tetapi kalau hari libur sobat akan menemukan banyak orang di pantai ini.  Biaya masuk ke tempat ini cukup terjangkau, hanya 25 Ribu/orang. Pembayaran itu sudah termasuk uang parkir. Kalau sobat ingin nginap, di tempat sudah tersedia penginapan. Sobat tinggal menyewahnya. Sobat juga dapat menyewah perlengkapan lainnya, tapi bisanya stoknya sangat terbatas. Sobat bisa membawah cadangan perlengkapan yang sobat butuhkan.

#. Wisata Air Terjun di Jayapura


Sejauh ini terdapat 3 wisata air terjun di Jayapura. Satu yang kurang dikenal adalah air terjun Buper yang terletak dibelakang kampus Insitut perguruan Tinggi Negeri (IPTN ) Bumi Perkemahan, Waena. Air terjuni ini masih sangat terjaga dan alami. Beberapa masyarakat yang mengetahui tempat ini sering  berkujung untuk mandi, asar ayam atau hanya sekedar berfoto selfi. Selain air terjuan ini, dua  di antaranya yang paling dikenal adalah air terjun Kampung Harapan dan Air Terjun Cyclop  di Sentani. Keduanya dapat di bahasa sebagi berikut.


10. Air Terjun Cyclop  di Sentani


Salah satu tempat wisata yang harus sobat kujungi adalah air terjun Cyclop. Air terjun ini terletak  di kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Kondisi geografis Sentani yang berbukit dengan jajaran pegunungan Cyclop membuat tempat ini memiliki keindahan serta menyimpan segudang mitos yang menarik untuk didengar. Kawasan ini sudah sudah masuk sebagai kawasan cagar alam yang dilindungi. Kondisi geografis itu membuat tempat ini memiliki beberapa aliran air terjun yang eksotis dan memesona. Salah satu yang paling dikenal adalah air terjun Cyclop. Penamaan ini sesuai dengan sumber air terjun itu berasal, dari gunung Cyclop.

Rute untuk mencapai lokasi ini cukup mudah. Sobat harus menempuh kuang lebih 27 Km dari pusat kota Jayapura. Kalau dari Bandara Sentani, sobat hanya membutuhkan kurang lebih 7 Km untuk mencapai tempat ini.  Sobat  harus melewati komplek Sereh di Sentani. Sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, baik sewaan mapun milik pribadi. Kalau angkutan umum untuk menuju kaki gunung cyclop hanya cukup membayar 20 ribu sekali jalan.  Kalau sobat pake jasa rental mobil maka tarifnya 500 ri bu /hari.
Air terjun Cyclop[image:Source]
Setelah tiba di kaki gunung cyclop. Sobat perlu melajutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekita 2 km untuk mencapai air terjun ini. Tempat ini masih sangat terjaga, sobat akan melewati medan yang cukup menantang. Sobat akan mendaki tanjakan yang lumayan tinggi dengan melewati beberapa bongkahan batu besar. Tapi tentang saja, keindahan dan hutan di kawasan ini akan menjadi nilai plus buat sobat merasakan aura alami gunung cyclop yang sangat terkenal itu.

Setelah sobat tiba sekitar 30 M dari air terjun. Sobat dengan mudah akan mendengarkan desiran air terjun menghantam bebatuan dibahwanya. Bukan hanya itu, sobat akan disambut dengan udara yang sejuk dan langsung menyaksikan pelangi muncul di air terjun cyclops akibat pantulan cahaya matahari. Di air terjun ini sobat bisa melakukan banyak hal, mulai dari mandi langsung dideraian air terjun atau sekedar menyelam di kolam pada bagian bawahhnya. Melompat dan mengabadikan setiap momen yang dapat sobat  amati dan masih banyak lagi.

11. Air Terjun Kampung Harapan

Air terjun di Harapan[image:Source]
Air terjun kampung harapan ini terletak di Kabupaten Sentani, Jayapura. Proses untuk ke tempat ini lumayan melelahkan. Sobat harus melewati tenjakan bebatuan, hutan sampai dengan beberapa kebun nanas milik masyarakat setempat. Tepi tenang saja, semua itu akan terbayar dalam sekejap dengan cantiknya air terjun harapan yang memukau. Airnya sangat dingin dan juga deras dengan hamparan tebing bebatuan yang menjurang tinggi di sekitarnya. Kalau sempat ke tempat ini, sobat akan merasa seperti berenang di dalam air es.

Sebenarnya, di Jayapura terdapat juga wisata danau. Danau sentani dan Danau Love alias telaga Emfote. Sobat bisa lanjut baca pada air tikel berikut.

Baca juga: 9 Danau Indah dan Eksotis di Papua yang Mungkin Belum Anda Ketahui !

#. Wisata Alam  di Jayapura


Sebenarnya,terdapat beberapa tempat wisata alam di Jayapura, namun pada kesempatan kali ini Dihai akan merekomendasikan dua tempat. Di kedua tempat ini sobat bisa menikmati keindahan kota dan alam Jayapura sepuasnya. Mulai dari berwisata ke teluk Yotefa sampai dengan ke Jayapura City. Selain itu, Sobat juga bisa mengahabiskan harimu malamu pada tempat nongkrong anak muda di Jayapura, Taman Mesran.

12. Teluk Yotefa


Teluk Youtefa merupakan salah satu wilayah konsevasi alam dengan hutan bakaunya yang indah di Jayapura. Teluk dengan luas sekitar 1.675 Hektare ini sejak lama sudah menjadi taman wisata alam yang diminati para pencita wisata. Uniknya, teluk ini dikenal dengan "teluk dalam teluk" karena memang teluk Youtefa terletak di dalam teluk Teluk Yos Sudarso yang lebih dikenal dengan nama Teluk Humbold. Teluk Youtefa terletak sekitar 4 Km dari pusat kota Jayapura.

Kalau sobat ingin berkujung ke teluk ini maka terdapat beberapa rute yang dapat sobat pilih. Melalui Jayapura-Entrop membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jayapura-Abepura-tanah hitam membutuhkan waktu 35 menit dengan pilihan kendaran naik angkutan umum atau ojek menju tempat ini. Tapi kalau ingin menikmati keindahan tempat ini dari ketinggian maka sebaiknya ke Skyline Jayapura.

Teluk Youtefa[image:Source]
Teluk Youtefa ini menjadi dalah satu teluk mini dalam Teluk Yos Sudarso yang diapit oleh  dua tanjung. Tanjung Saweri dibagian kanan dan Tanjung Pie di kiri. Pemandangan alam yang indah serta hamparan hutan bakau yang indah di tempat ini menjadi daya tari bagi para wisatawan pencinta Alam. Terlebih di teluk  ini memiliki beberapa kampung seperti Enggros, Tobati, Nafri dan lain-lain.

Masyarakat di perkampungan ini menjadikan tempat ini sebagai tempat mencari ikan. Hal unik kedua di teluk ini adalah memiliki lapangan timbul tenggelam, tergantung kondisi pasang surutnya air laut. Pada saat surut masyrakat asli di sini bisanya bermain bola volly dan boka kaki. Kalau pasang, tempat ini berubah menjadi hamparan laut luas.

13. Jayapura City


Sejak lama Puncak yang bertuliskan "Jayapura City" ini menjadi ikon kebanggan kota Jayapura. Tidak sedikit wisatawan yang telah menyempatkan waktu untuk berkujung ke tempat ini untuk menyakisan keindahan kota Jayapura, terlebih saat kapal sandar di pelabuhan Jayapura. Dari bukit ini sobat dapat melihat dengan jelas pemandangan Teluk Jayapura yang terbentang didepannya. Di setiap malam minggu tempat ini mejadi salah satu tempat nongkorong pilihan kaum muda di Jayapura. Hembusan angin malam dalam kelap-kelip lampu kota Jayapura, tempat ini akan selalu siap memerima kujungan anda.

Kalau sobat tertarik ke tempat ini kama bisa melalu perkampungan di pertigaan SMP Polimak. Setelah melewati jalan berliku dan tanjakan yang lumayan menjurang, sobat akan tiba pada lokasi tujuan yang tulisan 'Jayapura City ini.


#. Update, 2018 !! 

Sobat juga bisa mengunjungi 3 Tempat wisata  lainya di Jayapura;

  • Pantai Tablasu
Pantai ini terletak di desa Tablasu, Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura yang juga merupakan salah satu Desa wisata. Kalau sobat ke tempat ini, sudah termasuk mengujungi 4 objek wisata. Wisata Budaya, Pantai dan Sejarah. Sobat bisa mengujungi landasan meriam dan dermaga bekas pendaratan tentara sekutu pada masa perang dunia kedua. Sobat juga akan menyaksikan makam penginjir dan monumen salib di tempat ini.

Rutenya, sobat dari Jayapura menuju Sentani dan terus menuju Dermaga Depapre naik bus atau anggkot, dengan waktu tempu sekitar 3 Jam perjalanan. Setelah itu, sobat naik perahu bermotor dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di Dermaga Tablanusu. Dari situ, sobat  bisa menemui pemandu wisata di kampung ini untuk di temani.
  • Kali Biru Genyem
Sesuai dengan namanya, kali ini  sangat jernih dan biru. Sobat tidak akan rugi mengunjungi tempat ini. Biaya masuk ke tempat ini hanya 10 ribu per satu motor dan 50 ribu untuk mobil. Tapi, jaraknya lumayan jauh dari kota Jayapura. Sobat harus menempu perjalanan selama 2 jam lebih Untuk sampai ke tempat ini. Tapi asyiknya, selama perjalanan mata anda akan termanjakan oleh pemandangan alam sepanjang jalan yang masih alami. Apa lagi, sobat akan melewati  perjalan ini di sisi kiri danau Sentani yang tersohor itu.

Rutenya, sobat dari Jayapura menjuru ke Sentani. Setelah melewati bandara Sentani. Sobat akan tiba di pertigaan, pilih jalur kiri. Selanjutnya, sobat akan memasuki daerah Baim. Di situ ada pertigaan lagi. Jalur kiri untuk Genyem, Nimbokrang. Sobat ambil jalur lurus menuju Kali Biru,
  • Mengunjungi Bangkai Pesawat.
Bangkai pesawat milik Trigana Air ini sangat dikujungi wisatawan. Untuk sampai ketempat ini. Sobat hanya membutuhkan waktu satu jam perjalan (tergatung waktu laju kendaraan).Keberadaan bangkai pesawat ini terletak di Koya Timur, Distrik Muaratami.

Dengan demikian itulah 13 tempat wisata lengkap di Jayapura yang dapat sobat kunjungi. Mulai dari wisata pantai di Jayapura, wisata air terjun di Jayapura sampai dengan wisata alam dan danau. Semoga dari daftar di atas, suatu saat sobat dapat mengunjungi salah satunya.

1 komentar:

avatar

Wisata Pantai Bese G,,keren pantainya,,bersih bngt.

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon