2

6 Tempat Wisata Terbaik di Sorong Papua Barat yang Eksotis dan Memesona

Dihaimoma.com
Siapa sih yang tidak mengenal kabupaten Sorong? Salah satu kota penghasil minyak terkenal dari zaman Belanda hingga saat ini pun menjadi kota penghasil minyak terdepan di Indonesia. Kota ini  terletak di provinsi Papua Barat dengan ibu kota Aimas. Kabupaten ini dikenal juga karena kawasan peraiarannya banyak ditemui Penyu belimbing atau yang dalam bahasa ilmiahnya bisa di sebut  Dermochelys coriacea vandelli.


Sorong bukan hanya terkenal dengan julukan kota minyak. Beberapa tempat wisatanya selalu menjadi tujuan para wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara. Na...hh!Pada kesempatan ini, Dihai akan berbagi 6 tempat wisata terbaik versi Dihaimoma.com di kabupaten Sorong yang patut sobat pertimbangkan dalam daftar tujuan wisata anda di Papua.


1. Pantai Tanjung Kasuari 


Pantai Tanjung Kasuari merupakan salah satu objek wisata terkenal di kota Sorong dan menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan. Pantai ini terletak di Tanjung kasuari Sorong Barat dan hanya berjaran kurang lebih 78 KM dari kota Sorong.

Perjalanan ke pantai ini cukup mudah dan terjangkau dari kota Sorang. Sobat cukup menggunakan kendaraan yang darat pribadi atau ojek dengan biaya sekitar Rp.30.000/orang. Itu kalau sendiri, tapi kalau sobat bersama keluarga/rombongan, mending menggunakan angkutan umum dan cukup membayar tarif sebesar  Rp. 10.000/per orang.
Dihaimoma.com
Wisata tanjung Kasurai Sorong[Image:Source]
Pantai ini meskipun tidak seramai Raja Ampat saat hari biasa. Tapi, sobat jangan ragu akan keindahan alam yang ditawarkan. Di jamin pasti akan sebanding dengan perjalanan anda. Di sana Sobat akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih pantai yang berkilau. Soal panas matari di pantai, sobat tidak perlu ragu karena ribuan pepohonan rindang yang tumbuh membujur disepanjang pantai dapat sobat gunakan sebagai tempat bersantai. Bukan hanya itu, sobat juga bisa berenang dan melakukan kegiatan snorkeling sepuasnya di Pantai ini

Bagi sobat sekalian yang berasal dari luar Papua kalau tertarik kepantai ini bisa memilih dua rute perjalanan. Naik pesawat atau kapal laut. Kalau melalui jalur laut, sobat tinggal naik kapal milik Pelni, bisa KM. Labobar atau KM Ngapulu. Tapi, kalau rute udara sobat tinggal beli tikel tujuan bandara Dominiq Edward Osok, Kota Sorong. Mudah kan?

2. Wisata Pulau Um 


Pulau Um merupakan nama dari salah satu tempat wisata di Papua Bara, kabupaten sorong. Pualu ini tepatnya terletak di desa Malaumkarta Makbon yan tentunya tidak jauh dari Kota Sorong. Keindahan yang ditawarkan di tempat ini tidak kalah seru dari tempat wisata lain yang dimiliki kota minyak ini.

Satu hal yang unik di pulau ini adalah habitat kelelawar dan burung camar yang memiliki jadwal mencari makan yang menyalahi aturan ilmu biologi yang kita kenal selama ini. Kelelawar di pulau ini mencari makanan di siang hari. Sobat akan melihat ribuan kelelawan yang bergantungan di pohon. Sementara burung camar terbang keluar pada hari menjelang malam. Aneh yah!

Dihaimoma.com
Wisata pulau Um Sorong/Papua[Image:Source]
Kalau sobat suka menyelam, maka pulau Um siap memanjakan anda dengan berbagai panorama. Mulai dari beragam ikan karag, penyu, lola, teripang, lobster, dan juga indahnya karang yang terpahat alami di bawah laut. Tapi, kalau sobat menyelam jangan coba-coba menangkap ikan ya! Masyarakat di sini memberlakukan sistem sasi laut yang disepakati semua warga Kampung. Sasi laut merupakan aturan yang melarang siapapun untuk menangkap jenis fauna laut tertentu dalam jangka waktu tertentu yang disepakati bersama.

Selain itu, kampung Malaumkarta yang bersampiangan dengan Pulau Um ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Masyarakat di kampung ini rata-rata berprofesi sebagai nelayan dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga keindahan laut mereka. Hal ini dapat sobat ketahui dengan adanya larangan untuk menangkap ikan dengan jala dan bom. Para nelayan disini hanya di perbolehkan menangkap ikan dengan cara tradisional, yakni dengan memancing.

Kalau lagi berutung, saat sedang berwisata di pulau Um sobat dapat bertemu dengan para nelayan dari kampung Malaumkarta yang sedang mencari ikan. Mereka tidak segan menjual hasil tengkapan mereka berupa ikan tengiri atau bubara cukup untuk porsi empat orang hanya dengan Rp 20.000/ perekornya.

Rute menuju ke tempat ini kalau dari kota Sorong sobat tinggal menaiki angkutan kota menuju Desa Malaumkarta di Makbon dengan jarak sekitar 40 km yang ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

Dari Makbon, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu panjang dengan tarif Rp 300.000 untuk menyeberang laut menuju ke pulau Um. Dari perahu, Anda bisa melihat Pulau Um ditutupi pepohonan yang indah. Untuk sampai ke pulau kecil ini, sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Kalau sobat berwisata sehari, sobat dapat menyuru pemilik perahu untuk menunggu atau menjemput balik dengan kesepakatan waktu jemputan.

 3. Wisata Pantai Pulau Buaya


Pulau Buaya merpakan salah satu pulau wisata yang letaknya terpisah dari kabupaten sorong namun masih dalam wilayah kabupaten sorong. Penamaan pulau ini karena bentunkanya yang menyerupai buaya. Pulau ini identik dengan wisata bahari dengan air lautnya yang sangat jernih dan bersih. Sobat juga akan nyaman dan dimanjakan oleh barisan pohon kelapa yang mengelilingi pulau ini. Selain itu, sobat juga akan menyaksikan ribuan burung bangau yang mencari ikan dan sesekali sobat juga akan melihat bintang-bintang laut menghiasi karang di pantai ini.
Dihaimoma.com
Wisata Pulau Buaya Sorong[image:Source]
Rute ke pulau buaya sangat terjangkau dari kota Sorong. Dari pelabuhan Sorong sobat dapat menempuh dengan kapal laut bertarif 200 ribu-300.00 ribu/Orang, itu sudah termasuk Pulang-Pergi (PP). Sebenarnya sih bisa dikurangi, tergatung kemahiran menawar dari sobat. Waktu yang dibutuhkan dari pelabuhan Sorong ke Pulau Buaya kurang lebih 45 menit perjalanan laut. Enaknya, sobat tidak perlu mengeluarkan rupiah  alias gratis untuk memasuki kawasan wisata ini.

Setelah tibah di Pulau Buaya sobat bisa menyewah pasilitas yang telah tersedia di tempat ini, mulai dari banana boat, donut boat, parasailing, paintball dan lain-lain. Bahkan jika sobat ingin bermalam pun sudah ersedia cottage di pulau ini. Apakah sobat tertarik?

Baca juga: Tempat wisata Unik lainnya di Papua:

4. Wisata di Pulau Mantan 


Pulau mantan merupakan pulau kecil dengan luas kurang lebih 4000 meter persegi atau setengah hektar dan terletak kurang lebih 8 mil bagian barat Kota Sorong. Pulau ini merupakan satu dari  ratusan gugusan kepulaun di Sorong dan Raja Ampat. Pulau ini dapat  dijangkau dengan transportasi laut dengan kisaran waktu 58 menit-2 jam perjalanan (tergatung jenis dan kecepatan trasprotasi). Pantai berpasir putih yang luas sepanjangan bibir pantai sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Rute perjalanan untuk sampai ke pulau ini sangat mudah. Kalau sobat sudah tiba di Kota Sorong, sobat bisa melihat pulau ini dari kejauhan. Letakanya berdekatan dengan pulau Jefman yang tentunya tidak kalah menarik dengan pulau mantan.

Dihaimoma.com
Wisata Pulau mantan[Image: Source]












Pulau yang penah dijadikan pusat latihan selam oleh Tim Diving Kota Sorong Pimpinan Edy Kudubun awal tahun 90-an ini sangat menarik dan memikat. Saat ini Pulau kecil ini hanya dihuni oleh 1 keluraga saja, sehingga sangat terjaga dan terawat keasriannya.


Pantainya yang berpasir putih, terumbuh karangnya yang eksotis dan terjaga, air lautnya yang bening kebiruan serta gugusan terumbu karang dan aneka macam habitat laut yang masih terjaga akan memberi nuansa tersendiri bagi sobat. Kalau hari libur, hampir 6-7perahu pulang pergi mengantar warga yang piknik di tempat ini. Sobat juga akan melihat masyarakat yang asyik memancing ikan, karena di perairan ini terkenal dengan ikan kerapu dan kakap merah yang menjadi kesukaan masyarakat Sorong.

5. Wisata Danau Ayamaru


Danau Ayamaru merupakan salah satu danau yang belakangan ini menarik perhatian para wisatawan. Danau ini terletak kabupatens sorong Selatan di Distrik Ayamaru dengan jarak tempuh kurang lebih 2160 KM dari kota Sorong atau dengan waktu lebih dari 6 jam perjalanan. Kalau dipikir-pikir perjalanan dengan jarak seperti ini tentu menjadi perjalanan yang melelahkan, tapi soal keindahannya, tidak dapat diragukan lagi.
Dihaimoma.com
Wisata Danau Ayamaru di Sorong Selatan[image:Source]
Danau dengan luasnya mencapai 980 Hektare ini terbentang membelah sebagian kampung di daratan Ayamaru yang mencakup 8 kampung, mulai dari kampung Segior, Woman, Mefkajem, Kartapura, Mapura, Yukase, Karetubun dan Kampung Jitmau. Uniknya lagi, danau ini terbagi atas tiga bagian,yakni Yahu (bagian atas), Yate (bawah), dan Ikri (penampung air dari sungai) tetapi ketiganya merupakan satu kesatuan dengan kedalaman mencapai 30 Meter. Debit air di danau ini tergantung pada musim. Kalau lagi kemarau berkurang dan kalau lagi musim hujan bertamabah.

Bukan hanya itu, danau ini juga pernah tercatat sebagai danau pengekspor terbesar udang dan ikan pada tahun 1996 dengan jumlah 150 ton. Wow..luar bisa.

Kalau sobat kesana sobat bukan saja akan dimanjahkan oleh pemandangan alam dan beningnya air danau tetapi juga sobat akan menyaksikan berbagai macam jenis ikan bermaian di danau ini bahkan ikan langkah seperti rainbow fish. Bukan hanya itu, kalau sobat tiba di danau ini pada saat musim kemarau, sobat akan melihat burung-bungan yang bermigrasi dari Australia.


6. Wisata Pantai Mailan Makbon


Makbon sendiri merukan salah satu distrik yang terletak jauh dari pusat kota Sorong dengan jarak sekitar 51 kilometer dari pusat kota. Pantai ini menawarkan panorama yang indah dengan hamparan pasir putih yang view hingga ke laut lepas Samudera Pasifik. Selain itu, sobat bisa berfoto di Tugu Injil yang menjadi ikon di tempat ini.

Pantai dengan laut biru jernih ini menawarkan berbagai hal yang dapat sobat lakukan di sini, mulai dari diving, memancing, dan berfoto dihadapan laut yang membentang langsung ke Samudera Pasifik. Bukan hanya itu, Pantai ini sering menjadi tempat pemancingan bagi wisatawan jadi sobat juga bisa membawa pancingan dan bergabung dengan meraka yang duduk berjejer memancing ikan.
Dihaimoma.com
Wisata Pantai Mailan Makbon [image:Cource]
Di pantai ini juga disediakan beberapa gazebo yang dapat sobat sewa dengan tarif Rp 75.000 untuk sehari hari full dan sobat bisa bersantai untuk makan siang. Bukan hanya itu, sobat juga dapat menyewa boat untuk berkeliling pantai, atau bahkan menyeberang ke pulau Um dengan tarif Rp 100.000/boat. Rute untuk sampai kesana sangat mudah. Sobat bisa menggunakan semua jenis kendaraan darat, kecuali sepeda. Soal jalan, tidak perlu diragukan lagi karena semuanya sudah di aspal samapai  ke Desa Makbon

Dengan demikian itulah 6 tempat wisata terbaik di Sorong, Papua Barat versi Dihaimoma.com yang dapat sobat pertimbangkan jika suatu saat sobat berkunjung ke kota yang dijuluki sebagai kota minyak ini.

Naa kalau sobat ingin tahu tentang julukan dari beberapa kota di Papua maka baca: 11 Julukan Berikut Ini Berasal Dari Kota Apa Saja Di Papua? Selamat mencaritau nama kotanya  ya! hehehe. Sekian dulu ya,  semoga bermanfaat.

Dihaimoma
Dihaimoma Menulis Updated at: November 01, 2017

2 komentar

avatar

sangat membantu infonya

avatar

Sama2 sudara...Terima kasih sudah berkunjung!

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon