0

Tempat Wisata Pantai Terbaik di Nabire, 6 Tempat ini Wajib Anda Kunjungi

Dihaimoma.com
Kita semua tahu bahwa Papua memiliki ribuan bahkan ratus tempat wisata yang indah dan menawan. Surga kecil ini tentu menyimpan ribuan bahkan ratusan ribu tempat wisata yang belum diekspos keluar dan juga ada yang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah. Pada postingan kali ini Dihai akan berbagi beberapa tempat wisata Pantai dan Tugu di kota Nabire yang mungkin bisa masuk dalam catatan perjalanan anda.

Lalu, apa dan dimana letak kabupaten Nabire itu?

Kabupaten Nabire merupakan salah satu kabupaten tertua di Papua yang terletak di seputar leher burung pulau Papua. Saat ini Kabupaten yang pernah menggunakan nama "Dati II Paniai" ini menjadi pintu masuk akses laut untuk distribusi ekonomi melalui jalur laut kebeberapa kabupaten lainnya di pegunungan tengah Papua. Kabupaten ini dihuni oleh masyarakat multi etnis, ras, dan agama.

Wisata Pantai di Nabire?

Tempat wisata pantai di wilayah kabupaten Nabire saat ini kurang nampak di media maka kurang dikenal pulah oleh khalayak luas. Namun tenang saja Sob. Jika suatu saat sobat berangkat ke Nabire, sobat dapat berkujung ke beberapa tempat wisata Pantai di Nabire yang ramai di kujungi wisatawan lokal maupun manca negara. Naa Berikut ini rekomenadasi 6 tempat wisata pantai di Nabire yang dapat sobat pertimbangkan untuk dikunjungi.

1.  Wisata Pantai di Pulau Ahe


Sala satu wisata Pantai di Nabire yang paling diminati wisatawan lokal dan maca negara adalah Pulau Ahe. Sobat bukan hanya akan menikmati keindahan alamnya tetapi  juga keindahan pantai dengan pasirnya yang putih erta biota laut  yang unik dan beragam. Di tempat ini sobat juga akan bertemu dengan bebera wisatawan asing dan masyarakat lokal yang sangat ramah dan cepat akrab. Kunjungan wisatawan maca negara yang tidak penah berhenti ini bukan tanpa sebab, karena di tempat ini masih sangat alami sehingga suasannya sangat aman, nyaman, dan ketenang.
Dihaimoma.com
Sumber :Triptrus/Pulau Ahe[image:Source]
Kalau sobat mampir ke tempat ini, hal yang tidak kalah menarik lainnya adalah sobat akan dimanjakan dengan Atraksi seni budaya yang ditampilkan oleh masyrakat Pulau Ahe.  Setiap penampilan seni budaya yang  mereka tempilkan akan dibayar oleh para wisatawan yang datang berlibur ke Pulau Ahe.

Di Pulau yang kurang lebih memiliki luas 400 m persegi ini, sobat dapat melihat bangkai pesawat tua peninggalan sekutu pada perang Dunia II. Naa kalau soal penginapan sobat tidak perlu kawatir karen di pulau ini sudah tersedia beberapa bungalow.

Cara untuk mencapai tempat ini sangat mudah. Setelah sobat tiba di Kapupaten Nabire, sobat bisa bermalam di beberapa hotel seperti hotel nusantara atau Hotel Grand Papua Nabire. Setelah itu sobat bisa  menuju ke Satpol Air Polres Nabire yang berada di Pelabuhan Samabusa dengan jarak kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan darat. Dari pelabuhan ini, sobat tinggal menyewa kapal motor dengan biaya Rp.100.000 untuk menuju Pulau Ahe dengan jarak tempuh sekitar satu 1  perjalanan.

2. Hiu Paus  di Kwatisore


Di Kwatisore merupakan bagian dari perairan Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua. Taman ini sangat luas sehingga di nobatkan sebagai teman nasional laut yang terluas di Indonesia. Jadi, tidak salah jika kawasan ini sudah meliputi wilayah administrasi dua kabupaten, Teluk Wondama dan Nabire.

Bagi sobat yang tertarik berwisata ke Kwatisore rutenya angat mudah. Sobat harus ke kota Nabire dan dari sana sobat tinggal berangkat menggunakan spit boad dengan jarak tempuh sejam dari pantai Nabire.

Dihaimoma.com
Sumber:oskarseba/Pantai Kwatisore
Setelah tiba, sobat bisa memilih apakah ingin bersantai dulu atau langsung ke penginapan Kali Lemon-Resort (Milik Bram Maruanaya) dengan ditemani Daud Yamban dkk (warga kwatisore). Di penginapan tersebut, sudah disediakan sejumlah peralatan menyelam seperti beberapa spit boad untuk kelancaran aktivitas penyelaman untuk berenang bersama  para hiu-paus.

Uniknya lagi, Hiu -Paus di sisni bisa mencapai 4-6 ekor dan dapat diamati hingga 2-3 jam dari atas  bagan-bagan ikan puri milik masyarakat setempat yang tersebar di sekitar perairan Kwatisore. Sobat juga bisa menyelam dan berenang bersama hiu-paus yang sangat jinak itu. Wow...dan benar-benar menyenangkan ya!

3. Pantai Nomalisa


Paniat ini tergolong masih baru di kabupaten Nabire karena belum terlalu di kenal. Belakangan pantai ini ramai dikunjungi anak-anak sampai orang dewasa. Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat atau sekedar berlibur menikmati suasana pantai. Angin sepoi dan lautnya yang bening, dangkal dengan hiasan pepohonan yang tumbuh melingkar di bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagi kau muda, tempat ini sangat cocok untuk berpacaran.
www.Dihaimoma.com
Sumber: pelangiindonesianews/Pantai Monalisa Nabire
Pantai ini terletak di desa Samabusa, Distrik siriwini dan hanya berjarak kira 8 Km dari pusat kota Nabire. Untuk menuju lokasi, cukup hanya dengan kendaraan beroda dua atau empat dengan wakut tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Pasilitas yang ditawarkan pun tergolong lengkap, mulai dari  pondok tempat bersantai, restoran, dan peralatan renang. Unikanya lagi, di bagian ruang atas restoran ini disediakan ruangan khusus untuk rapat-rapat resmi.

Biayanya pun sangat terangkau dan murah. Sobat cukup membayar Rp.20.000/orang untuk karcis masu. Jika ingin berenang sobat hanya cukup membayar Rp.50000- Rp.20.000 nuntuk menyewa bantal renang/Ban dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Kalau sobat tibah di Nabire, bisa menyempatkan waktu berkunjung ketempat ini bersama keluarga, teman atau pacar. Di jamin perjalananmu akan terbayar oleh indahnya pantai dan pemandangan yang ditawarkan pantai Monalisa.

4. Pantai dan Pulau Nusi


Salah satu pantai di Nabire yang tidak kalah seru adalah pantai Nusi. Pantai ini berpasir hitam namun jangan tanya soal keindahan bahwa laut dan bibir pantai yang dihiasi pepohonan yang berpadu dalam kicauan burung. Semua itu akan turut memberi nuansa tersendiri bagi wisatawan.

Bagi traveler yang suka snorkeling, jangan khawatir. Sobat tinggal menyewa peralatan snorkeling yang disediakan penduduk setempat dan nikmati keindahan baharinya mulai dari rumput laut, ikan hias dangan berbagai bentuk dan warna serta terumbuh karang yang unik dan memesona.

Pantai Nusi terletak di Distrik Makimi, Kapupaten Nabire. Pantai ini dikelola oleh Pemerintah kabupaten Nabire. Perjalanan ke pantai ini dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 35 KM dari pusat kota Nabire. Pantai ini cukup ramai di kunjungi masyarakat lokal, terutama dihari libur. Uang masuk pantai ini hanya Rp.30 ribu/orang.
Sumber: Triptrus/wisata Pantai dan Pulau nusi[Imaga: Source]
Uniknya lagi, jika dari pantai Nusi sobat ingin berkunjung ke pulau Nusi. Sobat tinggal menyewah perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat dengan harga RP. 200.000 pp (Pulang-pergi). Mereka selalu siap mengantarkan sobat dari pantai Nusi ke Pulau nusi. 

Jaka sobat tiba di Pulau Nusi pada sore hari, maka sobat dapat menyaksikan burung-burung terbang menghilang di balik senjah mentari yang sedang tenggelam. Setalah sobat berkunjung ke Pulau Nusi, dan kembali ke Pantai Nusi, pasti akan membuat sobat merasakan indahnya tempat ini secara menyeluruh.

5. Wisata Pantai Gedo


Pantai Gedo merupakan salah satu dari sekian pantai yang dikelola oleh pemerintah kabupeten Nabire. Kalau sobat tibah di Nabire Pantai ini merupakan salah satu obek wisata pantai yang wajib anda kunjungi. Pantai ini mayoritas dikunjungi oleh mereka yang bisa mengadakan cara di pantai atau di alam terbuka.

Di pantai ini sobat akan menemukan ribuan pepohonan yang berbaris di bibir pantai. Pantai ini paling recommend buat Family Vacation. Tidak terlalu banyak karang yang bisa melukai kaki. Di pantai ini juga anda bisa menyewa ban untuk berenang dan sangat cocok untuk liburan keluarga karena banyak wahana permainan anak-anak, pondok-pondok bersantai dibawah pohon  rindang, pantai dan pinggir pantai yang bersih dan terawat,  serta kamar mandi yang bersih untuk berganti pakaian. 
Sumber:papuansphoto/Panatai Gedo Nabire
Pantai ini sangat terjangkau di Nabire. Dari pusat kota, Sobat hanya cukup menempu kurang lebih 20 km mengunakan kendaran beroda empat atau dua. Pantai Gedo  ini terletak di pinggir jalan Christian Waray, Sanoba Kabupaten Nabire. Biaya masuk ke pantai ini pun cukup terjangkau. Sobat tinggal membayar tiket masuk Rp 10.000/per orang dan bila sobat ingin menyewa ban untuk renang cukup dengan biaya Rp 15.000 atau Rp 10.000 per ban, tergantung ukuran.

6. Pantai MAF/Nabire


Pantai Nabire ini awalnya bernama Pantai Maf dan disebuat pantai MAF karena berdekatan dengan Bandar udara MAF (Mission Aviation Fellowship) tetapi sekarang sudah berganti nama menjadi Pantai Nabire. Sebenarnya, pantai ini tidak cocok untuk sobat mandi dan menyelam karena sangat dekat dengan keramaian kota sehingga launya tidak begitu terawat. 

Tapi yang harus sobat ketahui adalah tempat ini adalah satu-satunya tempat terbaik yang biasa digunakan masyarakat Nabire untuk bersantai (nongkrong) di pagi dan sore hari. Jarak kelokasi pantai ini dari pusat kota Nabire, anda hanya menempu 500-600 meter dengan kisaran durasi 10 menit.

Dihaimoma.com
Sumber:Ugaipiyauto/Pantai Nabire/Maf
Lokasi pantai ini tidak hanya detak dengan pusat kota tetapi juga bahkan bandara udara Nabire. Jadi sobat tidak hanya menyaksikan keindahan pantai, tetapi juga pesawat yang terbang keluar masuk di bandara tepat di atas kepala sobat.

Kalau suatu saat sobat berkunjung ke Nabire jangan lupa kunjungi tempat ini. Tempat ini gratis tidak dipungut biaya sepeser pun tapi jangan lupa sisikan sedikit rupiah untuk makan baksok dan bersantai di tembok pantai Nabire sambil menikmati senjah indah pantai Maf bersama puluhan masyarakat yang juga sedang berkujung di tempat ini.
Sebagai Info tambahan, sobat juga bisa mengelilingi kota Nabire dengan berfoto  dibeberapa tugu yang menjadi ikon kebanggan kota Nabire. Mulai dari Tugu Roket, Tugu Cenderawasih, Tugu Pattimura, Tugu Tifa, Tugu Karel Gobai, dan Tugu selamat datang Tuga Jam dan lain-lain.

Dengan demikian itulah 6 tempat wisata pantai beserta tugu di kota Nabire yang dapat saya bagikan dalam artikel ini kepada sobat sekalian. Semoga suatu saat kalian mendapat kesempatan untuk berkunjung kesana. Kalau sempat, jangan lupa berbagi informasi tersebut kepada teman dan kerabat kalian . Terima kasih.


Dihaimoma
Dihaimoma Menulis Updated at: October 25, 2017

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon