2

7 Objek Wisata di Biak yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Dihaimoma.com
Objek wisata Biak- Pada kesempatan ini Dihaimoma.com akan berbagi beberapa objek wisata Pantai di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Tempat-tempat ini tidak kalah seru dari berapa tempat wisata ternama di Papua. Objek wisata pantai yang dapat saya bagikan di sini sangat terjangkau di kota Biak, baik dari jarak tempu maupun harganya. Keindahan yang ditawarkan juga sangat unik dan beragam. Berikut ini beberapa tempat wisata Pantai di Biak yang wajib anda kunjungi.


1. Wisata Pantai Bosnik


Pantai Segara atau yang lebih dikenal pantai Bosnik merupakan salah satu pantai yang terdapat di kabupaten Biak, Provinsi Papua., tepatnya di desa Woniki, Biak Timur. Pantainya yang berpasir putih, menjadi daya tarik tersendiri sehingga tempat ini menjadi salah satu pantai wisata yang terkenal di Biak dan ramai dikunjungi oleh penduduk Biak maupun para pendatang.

Dihaimoma.com

Di pantai ini juga terdapat ribuan terumbu karang cantik yang siap memanjakan mata anda. Anda bisa berenang, snorkeling sambil sesekali berjemur di pantai. Bagi anda yang belum bisa berenang, jangan khawatir karena terdapat penyewaan benen (ban) renang dengan tarif Rp. 10.000. Selain itu, sobat juga bisa menikmati keindahan pantai ini dengan menyewa saung yang berjejeran sepanjang pantai dengan tarif Rp. 50.000 sambil menikmati kesegaran kelapa muda yang dijual pemilik saung.

Biaya untuk menikmati keindahan Pantai Bosnik tidak begitu mahal. Anda hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Kalau ingin nginap pun lokasinya sangat terjangkau. Sobat tinggal menginap di Bosnik Beach Guest House. 

Pantai ini hanya berjarak ±15 km dari pusat kota Biak. Anda dapat menempunya dengan mengunakan ojek dan cukup membayarnya dengan tarif sekitar Rp. 20.000 - 30.000 untuk sekali jalan. Anda juga bisa menyewa mobil dengan tarif Rp. 350.000/hari untuk satu mobil.

Baa juga: 

2. Pantai Samber


Dihaimoma.com
Pantai  Samber ini terletak  di Distrik Yendidori Biak Barat dan hanya berjarak kurang lebih 15 km dari kota Biak.  Nama samber sendiri merupakan nama sebuah kampung yang terletak di Biak barat, setelah Urfu  dan ketika sobat kesana hanya membutuhkan 20-30 menit mengunakan kendaraan.

3. Pantai Tamasya


Dihaimoma.com

Salah satu pantai yang masih asri di Biak adalah pantai Tamasya. Pantai ini terletak di Distrik Oridek Biak Timur, kabupaten Biak Numfor. Pantai ini bisa dibilang pantai pilihan para anak mudah di Biak. Banyak dari mereka yang menghabiskan akhir pekan di pantai ini. Warga asli di situ pun menjadikan tempat ini sebagai tempat melepas lelah dan barmain. Jadi, jangan heran kalau kelak kamu berkunjung ke sana dan bertemu dengan banyak anak-anak kecil yang juga lagi asyik berenang.

Sejauh ini banyak pengunjung selalu berdatamgan, baik dari Biak maupun luar biak. Pantai Tamasya adalah pilihan destinasi yang tepat buat kamu yang tidak kenal bosan dengan aktifitas berenang. Bukan hanya itu, kamu juga bisa kok camping dan melewati malam di sini bersama orang-orang tercinta.

4. Pantai Wari Biak


Perjalanan menuju pantai Wari, sangat mudah dijaungkau. Jika pakai mobil, dari kota anda hanya membutuhkan satu jam perjalanan untuk sampai ketempat ini. Pantai wari terletak di Biak Utara tepatnya di di Desa Yobdi. Pantai ini merupakan salah satu tempat rekreasi di Biak yang bisa dikatakan paling unik. Yah, pantai berpasir putih yang terbentang di samping jalan raya akan siap menemani hari anda. Soal kondisi jalan sobat tidak perlu khawatir karena semuanya sudah beraspal dan dapat ditempu dengan mobil maupun motor dari.

Dihaimoma.com

DI Pantai Wari hal-hal yang ditawarkan berupa pondok tradisional tempat bersantai yang sudah dibangun oleh penduduk setempat, pasir putih yang tebal dengan pemandangan yang indah dan eksotis. Kalau menyusuri sepanjang bibir pantai, sobat juga bisa mandi di sungai air tawar karena diujung pantai terdapat sungai yang bermuara di pantai Wari ini. Selain itu, sobat juga bisa berbaur dengan penduduk setempat untuk bermain sepak bola pantai atau bola volly pantai, atau berolahraga bersama dengan keluarga. Dan yang tidak kalah seru adalah pantai Pantai Batu Picah” sangat dekat dengan Pantai Wari,  jadi sobat dengan mudah melihat debut ombak yang pecah di antara batu karang, pantai. Wow amazing “paradise.

Di pantai Wari juga disediakan tempat mandi dan WC jadi telah setelah mandi di pantai, dengan mudah sobat dapat membersihkan diri dan  mengganti pakaian. Sebagai bekal selama di pantai ini, jangan lupa ya!Siapkan makan atau minum secukupnya. Soalnya, tempat ini masih sangat alami, tidak ada pedagang yang berjualan makanan atau minuman. Alat berenang (baju renang) ataupun kaos atau baju ganti secukupnya, karena tidak ada penyewaan baju renang ataupun pedagang baju disini, semua masih alami.

Baca juga:

5. Pantai Impendi 


Pantai Impendi ini terletak dibagian selatan Biak. Sejak dulu, tempat ini merukapan salah satu tempat rekreasi bagi masyarakat asli Biak. Uniknya, untuk mencapai bibir pantai kita harus melewati sebuah tangga yang oleh masyaraka setempat bisa disebut dengan "tangga seribu". Penamaan ini karena terdapat seribu anak tanggal yang sobat harus lalui. Selain itu, di pantai ini sobat juga akan dimanjakan oleh sejumlah tebing batu dan goa-goal unik, salah satunya goa Binsari. Jadi ketika hujan dan pondok berteduh yang disediakan penuh dengan pengunjung. Sobat bisa berteduh di bawah dingding tebing layaknya orang-orang jaman dahulu heheheh.

Oyah, jangan coba-coba surfing ya! Soalnya, di pantai ini memang tidak berombak besar seperti di Bali. Tapi, tenang saja Sob! Meskipun launya tenang, sobat bisa menikmati keindahan alam maupun  bahari yang sangat memikat.

6. Pantai  Anggaduber 


Dihaimoma.com
Pantai Aggaduber ini  terletak lumayan jauh dari Kota Biak. Pantai Anggaduber ini terletak  di distrik Oridek, Desa Anggaduber, Biak Timur, kapupaten Biak Numfor dan berjarak 40 km dari Pusat Kota. Perjalanan kesana dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat. Jika tertarik Sobat tinggal menempuh perjalanan melalui jalan Bosnik Raya dan sebelum tiba, sobat akan melewati beberapa tempat wisata yang juga tidak kalah seru, seperti  Taman Burung dan Anggrek, Telaga Biru Paray, Monumen PO II, Pantai Bosnik, dan Pantai Opiaref. Meski terkesan agak jauh, Sobat tidak perlu khawatir akan keindahan alamnya, dijamin perjuangan sobat pasti akan terbayar dengan keelokannya.

Pantai berpasir putih yang terhampar dan laut yang tenang sangat cocok untuk bermain dan berenang. Tapi sobat kalau tidak mahir berenang harus hati-hati karena hanya beberapa meter dari bibir pantai, dasar laut berubah drastis menjadi tubir yang dalam. Bagi sobat yang cinta dengan menyelam maka di sini tempatnya, karena sobat akan melihat ribuan terumbu karang dan biota laut yang indah. Batu karang besar diujung pantai, menjorok di atas laut, serinng digunakan oleh pengunjung, terutama anak-anak kecil untuk atraksi melompat indah.

Kalau sobat tertantang untuk menyelam dan menikmati keindahan biota laut dan terumbu karangnya secara langsung namun tidak ada persiapan peralatan menyelam, sobat  bisa hubungi diver di Biak Kota, Pak Julius, sewa peralatan menyelam dan instrukturnya sekalian.

Desa Anggaduber ini sudah menjadi satu dari 20 desa yang dijadikan kawasan konservasi se Kabupaten Biak Numfor. Desa ini memiliki panjang pesisir lebih dari 730 ha . Zona konservasi di desa Anggaduber terdiri dari 3 zona. Mulai dari zona inti, zona pemanfaatan (Pariwisata), zona perikanan berkelanjutan, dan zona lain-lain (kearah laut dalam). Ketiga zona itu jika di satukan maka dimulai dari pinggir pantai sampai ketengah laut. Ketenangan di pesisir pantai pun menjadi salah satu alasan kenapa ikan lebih mudah ditangkap. Pengawasan yang dilakukan masyarakat dan pemerintah  membuat sepanjang pesisir pantai ini jauh dari kejahilan tangan manusia.

7. Pantai Soryar


Pantai ini terletak tidak terlalu jauh dari kota dan juga merupakan salah satu pantai yang masih sangat alami, bersih, berpasir putih, serta belum ada perumahana manusia disekitar pantai yang berpotensi mencemari pantai. Pantai Soryar sebenarnya banyak dikunjungi wisatawan lokal di Biak. Tetapi seiring berjalannya waktu orang yang berkunjung ke Pantai ini semakin meningkat. Hal ini karena pantai ini tidak nampak jika dilihat dari jalan raya. karena berbentuknya yang seperti setengah mangkok membuatnya bersembunyi dari keramaian.
Dihaimoma.com

Pantai ini terletak di Biak Timur dan bertetangga dengan Pantai Wari di Biak Utara. Satu hal  unik dan berkesan yang dapat sobat temukan di sini adalah ketika air laut sedang teduh, permukaan laut terlihat datar layaknya sebuah cermin. Selain itu, Pantai ini dikelilingi  beberapa tebing.

Bagi teman-teman yang suka traveling, pantai ini sangat cocok untuk melepas penat, menyendiri, menjauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan dengan segala rutinitas di dunia kerja. Atau mungkin untuk ada yang lagi galau bisa bebas merenung menghadap kelautan lepas tanpa ada seorang pun yang akan mengganggu, tapi ingat jangan sampai berbuat hal 'bodoh' ya hehehe.

Jika tertarik untuk berenang dan menyelam di lautan pantai ini sangat-sangat cocok. Bibir pantai yang dihiasi pasir lembut hingga kedalam laut, ombaknya yang tenang dan udara yang sejuk pasti akan membuat sobat enggang meminggalkan tempat ini.

Dengan demikian itulah 7 tempat wisata pantai di Biak yang perlu sobat pertimbangkan untuk di kunjungi. Pada postingan berikutnya, Dihai akan berbagai beberapa bertempat wisata lainnya di provinsi Papua. Semoga bermanfaat.

Dihaimoma
Dihaimoma Menulis Updated at: October 10, 2017

2 komentar

avatar

Klarifikasi no 3 itu bukan Pantai anggopi. Melainkan Pantai TAMASYA.
TRIMS...!!!

avatar

Oke trima kasih atas masukannya sudara. Akan kami tambahkan...

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon