Cara Mendaftar Feedburner dan Membuat Subscribe di Blog- Lengkap dengan Gambar - Dihaimoma Menulis
0

Cara Mendaftar Feedburner dan Membuat Subscribe di Blog- Lengkap dengan Gambar

- 23:08:00
dihaimoma.com

Pada kesempata ini Dihai akan berbagi cara mendaftar blog ke feedburner dan membuat tempat Subscribe via email di blog. 


Apasih  feedburner  Itu?

Dari sekian banyak produk gratis milik om google yang disediakan untuk para blogger. FeedBurner merupakan salah satunya. Mmm  Om google memang selalu memperhatikan kebutuhan para blogger. Feedburner ini merupakan sebuah web-based tools yang memudahkan kita untuk mempromosikan dan memanagemen blog kita secara optimal. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2004 silam ini awalnya merupakan layanan tersendiri, tetapi karena fungsinya om googlen membelikannya untuk para pengguna blogger.

Lalu, apa gunanya?

Kegunanan dari FeedBurner ini sangat banyak. Melalui FeedBurner Rss sobat dapat meningkatkan pembaca setia via email, meingintegrasikan twitter dan blog sehingga artikel  yang baru sobat posting tershare otomatis pada akun twitter sobat, melihat trafick, melihat jumlah subscribe, integrasikan blog dengan yahoo, memasang headlineanimator di blog,  dan masih banyak lagi.

Bagamaiana  Cara mendaftarnya?

Unuk mendaftar, sangat mudah. Sobat silankan ikuti langkah-langkah berikut.

Langsung saja, silakan sobat masuk dengan klik feedburner.google.comSetelah itu isikan URL blog milik sobat pada kolom yang disediakan, lalu klik next. Perhatikan gambar berikut.

Dihaimoma.com

Setelah itu, sobat akan diarahkan pada halam pilihan seperti berikut ini
    1. Dihaimoma Menulis - Atom: http://www.dihaimoma.com/feeds/posts/default
    2. Dihaimoma Menulis - RSS: http://www.dihaimoma.com/feeds/posts/default?alt=rss
    3. Dihaimoma Menulis - Atom: http://www.dihaimoma.com/feeds/posts/default
    4. Dihaimoma Menulis - RSS: http://www.dihaimoma.com/feeds/posts/default?alt=rss
    Hiraukan saja pilihan lain dan langsung klik next. Sobat akan diarahkan lagi pada halaman bertuliskan "Welcome! Let us burn a feed for you" di sini pun langsung klik next dan next lagi sampai sobat tiba pada halaman seperti berikut ini. Naa!Sobat centang ketiga poin yang ada pada halaman tersebut, lalu klik next lagi.

    dihaimoma.com

    Setalah itu, sobat akan melihat  tulisan You have successfully updated the feed " besama judul blog sobat di bagian atas. Itu artinya, sobat sudah berhasil mendaftar Feedburner tetapi belum secara meksimal sobat gunakan dan integrasikan ke blog sobat.

    Bagaimana cara menggunakannya?

    Setelah tahap di atas sobat selesaikan. Sobat harus pahami beberapa fungsi  fitur dalam Feedburner dan cara meggunakannya sehingga sobat dapat menyelesaikan dengan baik.

    Pada halaman utama sobat akan melihat 4 menu: 

    • Analyze
    • Optimize
    • Publicize dan 
    • Troubleshootize. 
    Secara singkat penggunaan dan pengaturannya sebagai berikut.

    1. Analyze-Menu untuk sobat melihat:
    • Statistic pengunjung blog sobat mulai dari jumlah page views sampai dengan total klik
    • Subscribe- Sobat  bisa melihat jumlah orang yang berlagganan artikel via email.
    2. Optimiz- Pada bagian ini, sobat perlu mengatur untuk memaksimalkan penggunaaan. Perhatikan gambar berikut

    www.dihaimoma.com
    • 1 tempat setiap artikel terbaru dari sobat akan terupdate 
      • Untuk nomor 2, 3, dan 4 sobat harus mengaktikannya. Caranya, klik pada masing-msing bagian. Scroll kebawa dan aktifkan sampai muncul tanda centang di samping kiri. Seperti pada gambar di atas ini.
    3.Publicize-Pada bagian ini sobat akan membuat dan memasang subscribe di Blog, mengintegrasikan blog dengan Yahoo,  mengintegrasikan twitter dengan blog, dan headlineanimator. Perhatikan gambar berikut:

    Dihaimoma
    • Keterangan:
    1. Tempat sobat buat headlineanimator. Caranya, klik dan srcoll kebawah lalu aktifkan. Pada samping kanan  tepat pada tulisan "Add to MySpace, TypePad"  pilih blogger  dan next untuk pasang di blog sobat.
    2. Membuat dan memasang postingan terupdate otimatis di blog sobat. Klik lalu  scroll kebawah dan aktifkan. Pada bagian  Use as a widget in  pilih blogger dan copy codenya lalu pasang  di blog sobat.
    3. Pada bagian ini sobat akan membuat tempat Subscribe. Caranya, sobat klik di tempat tersebut. Lalu, copy kode yang sobat akan temukan dalam kotak, tepat dibawah kata"Language" . Selanjuntnya, sobat paste pada tempat yang sobat ingin menampilkan subscribe di blog sobat.
    4. Klik  lalu pilih  aktifkan
    5. Klik dan save. Sobat bisa juga memasang kotak tersebut di blog untuk melihat lalulintas blog.
    6. Sobat dapat mengintegrasikan blog sobat dengan akun twitter milik sobat, sehingga artikel yang baru sobat posting otomatis tershare ke twitter. Caranya, klik "add a twitter account" lalu login dengan username dan password twitter sobat.
    Kalau sobat benar-benar masih pemulah, maka kode-kode di atas tadi sobat dapat memasang  di blog sobat dengan cara: Copy kodenya-masuk ke blog sobat-Ke tata letak- tambah gadged (add gadged)- HTML/JavaScript- Paste code tadi-Lalu simpan.

    Sampai pada tahap di atas ini sobat sudah berhasil menyelesaiakan tugas cara mendaftar Feedburner dan Membuat tempat Subscribe di Blog dengan  Feedburner. Semoga membantu.


    Advertisement

    WARNING

    1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

    2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

    3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
    EmoticonEmoticon

     

    Start typing and press Enter to search