Cara Mudah Mengamankan Data Blog, Wordpress.com dan wordpress Self Hosted dari Serangan Hecker dan Pemblokiran - Dihaimoma Menulis

Cara Mudah Mengamankan Data Blog, Wordpress.com dan wordpress Self Hosted dari Serangan Hecker dan Pemblokiran

- 04:58:00

Dihaimoma.com
Hallo! Salamat berjumpa lagi dengan saya, Dihai. Pada postingan artikel di blog serba ngawur kali ini. Saya akan berbagi 3 tips jitu mengamankan data blogspot, wordpress.com, dan wordpress .org dari serangan heacker ataupun juga dari pemblokiran oleh pihak om Google bagi sob yang menggunakan blogspot.

Emang bisa,  situs saya diblokir?

Sob Harus tahu pada dasarnya tidak ada satupun penguna internet yang dapat mengklaim dirinya aman dari serangan heacker dan pemblokiran oleh pihak google (khusus pengguna blogspot). Di dunia maya siapapun yang mengunkana fasilitas yang disediakan mesin pencari seperti email, blog, web atau pun segala hal yang berkaitan dengan sistem jaringan sangat rentang terhadap serangan seperti itu.

Masih tidak percaya? Ni saya sertakan bebera info serangan heacker dan pemblokiran situs web.
Percaya atau tidak, Hacker China, hanya membutuhkan waktu semenit untuk Bobol sistem kemanan Google Pixel. Taukan Google pixlel? Handphone produk om google yang beberapa waktu lalu trend tu!. Bukan hanya itu gan, akun  Quora  CEO Google Sundar Pichai saja penah diheack. Uniknya lagi, Pelakunya diketahui adalah kelompok hacker yang pernah meretas akun Twitter dan Pinterest milik CEO Facebook Mark Zuckerberg. Masih dari  china, fasilitas seperti facebook, google, dan twitter itu sudah diblokir pemerinthanya dan masih banyak lagi.
Naah, dari kutipan di atas ini saja dapat  membuat kita bertanya seberapa aman situs kita saat ini. Intinya, kutipan di atas ini bukan untuk menakuti sob, tetapi hanya ingin mengajak sob membandingkan antara kita dan mereka. Sob! Mereka yang penguasaan IT-nya sudah tingkat dewa saja bisa dihack dan diblokir, apa lagi boca ingusan kayak kita ni apa jadinya sob hehehe.

Siapa pelakunya dan apa penyebabnya?

Bagi sob yang menggunakan Blogspot gratis tentunya tunduk sama undang-undang milik om Google. Pemblokiran dapat saja terjadi karena dua hal:

1. karena melanggar aturan/kebijakan yang telah ditetapkan om google.

Pada poin ini ketika dalam menggunakan blogspot,  jika kita melanggar aturan yang ditetapkan oleh google, maka om google tidak segan-segan mengadili kita dengan memblokir situs kita. Bukan hanya itu Gan, orang lain yang tentu tidak suka dengan blog dan artikel kita, dengan mudah melaporkan blog kita ke om google untuk ditindak.

Kok...Aneh Ya? Wong  udah gitu aturannya!

2. Blog kita diblokir karena ula Black Heacker dan tidak menutup kemungkinan White Heacker.

 Dua istilah  pada  poin dua di atas ini , pasti saja sob pernah mendengar!

 Tapi.. Kalau belum ni, saya jelasin secara singkat

Gini Sob, Black Heacker adalah mereka yang secara individu atau kelompok bergriliya di dunia maya untuk mencari dan mendapatkan keuntungan bagi klen mereka dari para user atau pengguna internet. Tapi... kalau White Heacker itu lawan dari Black Heacker yang tentunya melindungi sistem keamanan dunia maya dari serangan  Back Heacker.

Pertanyaannya mengapa White Heacker bisa memblokir situs web saya, pada hal musuhnya hanya Black Heaker?

Ingat sob, White Heacker biasanya bekerja dan mengabdi untuk melindungi suatu bangsa dan negara dari berbagai serangan yang berbaya di dunia maya. Itu artinya, tugas utama mereka melindungi bangsa dan negara bukan hanya dari serang Black Hecker tetapi juga mengontrol sistem informasi di dunia maya. Artinya, kalau isi dari situs sob dirasa bersebarangan paham dengan ideologi suatu negara yah, bisa  saja situs sobat dimusnakan tanpa kompromi.

Seperti itu kira-kira prosesnya!

Naaah.... bagi sob yang menggunakan blogspot, untuk melindungi dan mengantisifasi web anda dari sengan heacker dan pemblokiran. Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

Pengguna Blogger


1. Menggunakan password  blog  yang rumit. Padukan PW anda dengan tanda seperti . , # */ dan juga kolaborasikan dengan angka dan huf.

2. Menggunakan Verifikasi tahap kedua di akun Gmail dengan nomor telpon anda. Tapi ingat, jangan sampai nomor anda hilang. Kalau hilang, sob harus ke grafari untuk mengurus kembali nomor anda, agar kode verifikasi tetap dikirim dan anda bisa masuk lagi ke blog sobat.

3. Jika anda pemberitahuan mencurigakan dari pihak om  google, segeralah ganti Password.

4. Ingat sob, ini yang paling penting. Setiap kali sob update blog dengan artikel, backuplah blogmu secara berkala. Ikuti petujuk pada gambar berikut ini.


Naah... ketika sob klik pada tahap tiga di atas, file XML dokumen akan terdownload. Setalah itu simpan file itu di PC sob dengan baik. 

Mengapa?

Ya.. itulah keseluruhan data blogmu, ketika suatu saat anda di blokir atau diheack anda tidak perlu panik dan bersedih. Sumua data di blogspot anda aman, jadi anda tinggal membuat bog baru di blogspot atau bisa juga anda ekspor ke blog wordpress.com yang gratis ataupun membangun sebuah web profesional self hosted  di wordpress .org dari data tersebut.

Pengguna wordpress.com,  alis blog gratis

Bagi pengguna wordpress.com yang pastinya tidak berbeda jauh dengan pengguna blogspot karena masih terikat sama pihak wordpress  jadi lakukan langkah-langkah berikut:

1.Lakukan pangamana pada sandi anda, seperti pada penjelasan di atas, pada poin 1
2.Ikuti langkah selanjutnya sesuai dengan gambar berikut. Langkah berikut ini serupa dengan langkah 4 pada poin 1.
Dihaimoma.com
Sumber: info-menarik.net
Sampai tehap ini file XML Document akan terunduh. Itu artinya, sob berhasil mengunduh semua file di blog wordpress  milik sob. Mudah kan?


Pengguna wordpress .org atau biasa juga mereka sebut self hosted

Pada penjelasan bagian ini saya anggap sob sudah paham tentang hosting, domain, CPanel, dan lain-lain. Saya langsung akan menuju pada langkah-langkah pengaman data atau backup data dari wordpress .org/domain TLD milik sobat.
Pertama masuk ke tempat anda menyewa hosting. Setalah itu, login ke CPanel dan klik pada ikon File Manager yang akan tampil. Setalah masuk, sob klik lagi pada Web Root (public_html/www). Dari situ akan muncul lagi beberapa foldel tetapi abaikan yang lain dan langsung menuju ke folder wp-content

Mengapa?

Karena yang sob hendak backup adalah semua konten yang ada dalam folder wp-content. Naa...sob klik wp-content yang ada dalam public_html tersebut. Setelah semua konten yang ada didalam folder wp-content terbuka, blok semua konten dengan menekan Ctrl pada keyboard. Selanjutnya, kalau semua konten sudah terpilih, maka klik Compress.
Ingat tentukan juga format isi semua konten yang ada di wp-content sesuai keinginan sob, tapi saran saya pakai saja format ZIP Archive. Naa...kalau sudah, sob tinggal menunggu sampai proses Compressnya selesai. 
Setelah sob berhasil Compress file yang ada di dalam folder wp-content, maka dalam deretan file yang ada didalam folder wp-content akan muncul sebuah file baru (file hasil compress). klik file tersebut lalu klik juga Download untuk mengunduh atau melakukan backup wp-content WordPress Anda. Sampai pada tahap ini, sob sudah mengamankan konten web. Sejanjutnya, sob simpan baik-baik data tersebut di komputer, tentunya di tempat yang aman.
Catatan: Meskipun tampilan setiap penyedia hosting berbeda, prosesnya tetaplah sama, jika anda masih kurang mengerti dengan penjelasan di atas perhatikan prosesnya pada gambar berikut. Ingat, tampilan berikut ini setelah sob sudah masuk dalam CPanel. Klik pada gambar untuk memperjelas gambar.

Setelah tahap ini, masih ada satu tahap yang tidak kalah penting dengan tahap di atas, yaitu Backup MySQL Databases. Proses yang anda lakukan di atas tadi, hanya membackup semua konten yang ada di dalam folder wp-content. Na..selanjutnya, ikuti langkah-langkah membackup Databases MaySQL di WordPress melalui CPanel.

Seperti pada tahap sebelumnya, dari CPanel Sob klik lagi pada folder File Backup Wizard. Pada opsi Backup Wizard, pilih atau klik Backup. Pada opsi Select Partial Backup silahkan pilih atau klik MySQL Database. Di sini sob pilih domain database yang akan di download atau di backup. Setelah memilih domain database, otomatis akan melakukan download semua file MySQL Databases WordPress milik Sob. Jika sudah sampai pada tahap ini, selesai sudah Sob backup dua data penting WordPress domain TLD.
Kalau Sob masih kurang mengerti dengan pejelasan di atas, pertaikan prosesnya pada gambar berikut ini. Klik pada gambar untuk memperjelas gambar.
Dihaimoma

Simpan dan amankan juga file MySQL Databases dan simpan di tempat yang tadi anda gunakan untuk menyimpan file wp-content. Suatu saat jika terjadi hal yang tidak diinginkan, anda dengan mudah membangun web baru dengan data yang sudah anda simpan tadi. Tujuan utama dari penulisan artikel ini adalah menyelamatkan seluru data web anda.

Sebagi catatan: Jika suatu saat situs web anda yang sudah terkenal dengan traffic yang menggiurkan tetapi diblokir maka anda dapat memindahkan data-data tersebut pada web baru. Dan web baru yang hendak anda buat usahakan nama domainnya tidak terlalu berbeda dengan  alamat web lama anda.
Contoh: Jika nama domain lama, www.dihaimoma.com maka buatlah alamat barunya dengan nama www.dihaimoma.net atau www.dihaimomnulis.com. Langkah ini untuk mempermudah om google menampilkan web anda pada saat pengungjung setia di web anda mencari situs anda. Atau agar para pembaca setia di situs anda dengan mudah dan cepat mengenali situs web atau blog yang baru anda buat. Oyah Sob, soal blokir dan heacker situs web yang saya bahasa di sini bukannya saya mendoakan, tetapi hanya sekedar saran jika terjadi hal demikian  hehehe
Oke Sob, sampai di sini saya sudahi pembahasan kali ini. Soalnya, udah ngantuk. Semoga atikel ini membatu.

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.

loading...
 

Start typing and press Enter to search