Sekarang Masyarakat Dipa dan Menou Bisa merasakan Akses Transportasi Udara - Dihaimoma Menulis
0

Sekarang Masyarakat Dipa dan Menou Bisa merasakan Akses Transportasi Udara

- 00:06:00
Kampung Dipa dan Topo
Nabire-Masyarakat distrik Dipa dan Menou saat ini mulai disetuh pembangunan khususnya di bidang transportasi udara. Di kedua daerah tersebut pemerintah kabupaten Nabire membangun lapangan terbang sebagai akses yang menghubungkan kedua daerah itu dengan kabupaten Nabire. Dengan terbukanya akses ini, sekarang masyarakat di kedua distrik tersebut tidak perlu berjalan kaki ratusan kilo meter jika hendak pergi ke kota Nabire.

 Hal ini sebagaimana yang di sempaikan (Kadis) Dipa "Mengapa kami mengatakan sudah, sedang, dan akan merasakan pembangunan di bidang Transportasi Udara di wilayah pegunungan Kobouge Papua, distrik Dipa dan distrik Menou, sekarang sudah ada dua Lapangan Terbang Perintis (LAPTER) baru. Pemerintah kabupaten Nabire berencana akan meresmikan kedua lapangan perintis tersebut pada Juli mendatang papar kepala Distrik Dipa, Nikolaus Kegiye Via seluler. Nabire, 12 /7/2016.

Sampai saat ini walaupun kedua lapangan terbang tersebut belum diresmikan. Akses penerbangan ke kedua distrisk  tersebut tetap berjalan dengan baik dan lancar. Masyarakat Dipa dan Menou sudah merasakan atau biasa menggunakan Pesawat Pilatus Porter, atau Susi Air. Pemerintah Daerah dalam hal ini kepala distrik Dipa, Mengambil langka sesuai dengan Visi dan Misi kabupaten Nabire, yakni 
"Pembukaan Isolasi Daerah, Guna Tercapainya Kesejahteraan dan Kemakmuran Oleh dan Untuk Seluruh Masyarakat”.
Kepala distrik Dipa Menyadari betapa pentingnya Lapter (red) baru di kedua wilayah itu, mengingat kondisi geografis yang tidak memungkinkan untuk ditembus akses transportasi darat. Jalan satu satunya melalui transportasi udara untuk melayani, membangun, memantau kehidupan masayarakat Dipa dan Menou. Hal ini ini pun turut memudahkan pemerintah kabupaten Nabire dalam membantu dan mengjangkau setiap keluhan dan kebutuhan masyarakat guna mensejahtrakan masyarakat di kedua wilayah itu.
surat Izin
Surat Izin beroperasi penerbangan
Sebagai upaya kelancaran program ini pemerintah kabupaten Nabire bekerja sama menggandeng pihak Misi dan PT. Susi Air untuk beroperasi di kedua wilayah tersebut. Pesawat Pilatus porter dan Susi Air merupakan pesawat kecil yang bisa bertugas melayani masyarakat di pedalaman Papua. 

(Baca juga:5 Kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe Yang Patut Dibanggakan)

Pemerintah kabupaten Nabire telah berupaya untuk mendapatkan surat izin memdarat di lapangan kedua distrik tersebut dengan mengirim surat kepada pemerintah provinsi Papua, dalam hal ini kepada dinas Perhubungan. Akhirnya pada tahun lalu 2015, mendapatkan izin beroperasi di kedua lapter baru dengan nomor surat izin, Pemerintah Prop. Papua Dinas Perhubungan No.553.2/3195/Phb-2015 Perihal:Izin Sementara Operasional Lapangan Terbang Dipa & Menou.


Dipa
Pedaratan pertama di kedua lapangan tersebut berlangsung pada Februari tahun 2013 lalu. Pailot Urbanus yang juga mengoprasikan Take off dan landing perdana di kedua lapangan  tersebut menyuruh untuk memperbaiki landasan dari kedua lapangan tersebut. Masyarakat setempat memperbaiki landasan tersebut dengan cara manual sebagaimana saat pembuatan lapangan.

Kedua lapangan itu di buat dengan tenaga manusia. Fasilitas pun seadanya. Bukan hanya itu hampir semua lapangan di pengunungan Papua dibuat dengan tangan masyarakat sendiri.

Pendaratan pertama lapter Menou ini langsung di sambut oleh bupati kabuapten Nabire Isaias Douw S.Sos. dan Nikolaus Kegiye selaku kadis, pada tahun 2013 lalu.

Melihat kemajuan itu, masyarakat di kedua wilayah tersebut berkata "setelah bupati Isaias Douw menjadi menjabat barulah kami masyarakat Dipa dan Menou merasakan pembangunan dalam bidang akses pelayanan transportasi udara. Indonesia sudah merdeka tahun 1945, tapi kami baru rasakan yang namanya pembangunan. Sekarang kami bisa naik pesawat dari sini turun ke kota dalam waktu yang singkat. Sebelumnya, kami biasanya berjalan kaki selama waktu 4 sampai 5 hari perjalanan dan tiba di KM 86. Dan dari situ selanjut kami naik tranportasi darat sekitar 6 sampai 5 jam untuk tiba di kota."

Dengan adanya kemajuan dan keterbukaan transportasi udara ini, kepala distrik Dipa pun turut mengapresiasi  bupati Nabire Isaias Douw. Menurutnya, Isaias telah membantu masyarakat untuk memajukan pembangunan  di kedua wilayah ini.

Saya mewakili seluruh kepala kampung dari kedua distrik ini, menyampaikan terimah kasih kepada bupati Nabire. Selebihnya kebaikan bapak bupati terhadap masyarakat di kedua wilayah ini, Tuhan yang akan membalas, ujar kepdis Dipa. 

Melihat perkembangan ini, Kalvin Magai yang juga sebagai  putra asli di wilayah itu mengucapkan syukur kepada Tuhan. Pemerintah telah berupaya selama ini untuk membuka pelayana  transportasi udara di kedua wilayah itu. Hasil dari upaya itu, bulan depan pemerintah akan meresmikan kedua Lapter tersebut.  Magai berpesan kepada masyarakat di kedua distrik itu supaya fasilitas yang sudah disediakan pemerintah mohon untuk dijaga dengan baik. Lebih lanjut Magai juga meminta kepada pemerintah untuk segera melengkapi fasilitas yang kurang, guna kelancaran penerbangan, agar masyakat juga puas dan pihak Misi (Pesawat Pilatus Porter) dan Susi Air  pun puas dalam melayani masyarakat.

Sekarang lapangan perintis sudah ada sehingga diharapkan kepada masyarakat menjaga dan merawat kedua lapangan tersebut. Magai yang juga merupakan mahasiswa UNJANI Jurusan Hubungan Internasional kota di Bandung Jawa Barat itu, mengucapkan banyak  terimah kasih kepada Pemerintah kabuapten Nabire terlebih khusus kepala distrik Dipa yang membuka isolasi Daerah.


Penulis : Dominikus Boga, Mahasiswa Papua yang berstudi Di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Bandung.


Advertisement

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search