0

Slang-Bahasa Gaul di Kalangan Anak Remaja Papua

anak mudah Papua
Seperti pada umumnya setiap daerah memiliki bahasa gaul yang di gunakan kaum remaja. Di Papua pun memiliki bahasa gaul yang hanya di mengerti oleh kaum remaja.

Bahasa gaul sendiri biasanya dikaji dalam studi sosiolinguistik. Bukan hanya itu dalam studi ini   semua variasi bahasa dapat dikaji. Sebut saja ideolek, sosiolek, jargon, dialek, dan masih banyak lagi.

 Lebih jelasnya. Sosiolinguistik ialah subdisiplin linguistik yang mempelajari bahasa dalam hubungan pemakaiannya dalam masyarakat. (Chaeir)

Di indonesia bahasa gaul berkembang sekitar tahu 1970-an. Bahasa ini dulu hanya digunakan dikalangan preman. Bahasa gaul  yang awalnya disebut  dengan prokem ini terus berkembang dan selanjutnya disebut dengan Bahasa Gaul.

Dalam studi yang disebutkan di atas. Bahasa gaul termasuk kedalam slang. Variasi Bahasa ini sengaja di ciptakan kalangan remaja untuk kenghemat kata dan dapat dimengerti di kalangannya sendiri.

Lebih jelasnya yang dimaksud dengan slang adalah variasi sosial yang bersifat khusus dan rahasia. Artinya, variasi ini digunakan oleh kalangan tertentu yang sangat terbatas, dan tidak boleh diketahui oleh kalangan di luar kelompok itu.( Chaer & Agustina2010:67)

Berangkat dari penjelasan di atas. Di Papua khususnya di kalangan remaja memiliki bahasa gaul yang  hanya dapat di pahami di kalangan remaja, karena memiliki makna lain dari arti sebenarnya. Dalam artian para remaja menggunakan kata-kata bermakna ganda dan  hanya dapat di pahami di kalangan mereka.

Berikut  ini dihaimoma.com merangkum beberapa kata yang sering digunakan dalam variasi slang saat  berintraksi di kalangan remaja.

OPB
OPM
Pace
Mace
Sikat
Ortu
Lola
Pucuk
Akar
orgil
Pono
Topi
Kayu
Tumpa
Paku
Basa
Cok
Kras
Batang
Jolok
Kacang
Loyang
Gabus hitam
Pepaya
Pecek
Tabuka
Lobang
Toki
Bla
Ramas
Bia
Sikat
Tingi-tingi
Kantong ajaib
Karaoke
Pegang
Epenkah
Siram
Minum
Asap dll.

Kata- kata ini sering digunakan dalam bahasa gaul anak mudah Papua. Lebih detail lagi kata-kata ini bermakna konotasi dari makna aslinya. Makna dari kata- kata tersebut memiliki makna lain yang hanya dapat di mengerti oleh kalangan remaja Papua. Makna yang di maksud dari kata- kata di atas   penulis sengaja tidak menjelaskan.

 Jika anda yang  membaca artikel ini merupakan  anak mudah  Papua, saya yakin anda sudah pasti mengerti, tetapi  jika tidak. Anda dapat menanyakannya kepada teman remaja Papua yang anda kenal .

Ingat lebih khusus lagi anda hanya dapat menanyakannya ke teman laki- laki.

Setelah membaca artikel ini.  Apakah ada yang perlu di tambahkan?
Dihaimoma
Dihaimoma Menulis Updated at: March 29, 2016

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon