Menjawab Tuduhan Kristenisasi Terhadap Agama Katolik Dari Teman-Teman Beragama Lain - Dihaimoma Menulis
0

Menjawab Tuduhan Kristenisasi Terhadap Agama Katolik Dari Teman-Teman Beragama Lain

- 15:30:00
Dihaimoma menulis

Takut murtad ke Katolik? Memang "semudah" apa sih masuk Katolik?


Syarat masuk Katolik



1. Kursus agama selama 1 tahun (50-52 kali), tidak boleh absen kecuali urusan darurat (sakit, dll)

2. Ujian agama lisan & tulisan harus lulus
3. Tidak lulus mengulang kursus
4. Di bawah umur 21 tahun membutuhkan surat persetujuan dari Orang Tua untuk baptis Katolik
5. Baptis

Apakah anda pikir masuk Katolik itu semudah membalik telapak tangan?
Apakah anda pikir masuk Katolik seperti membuat KTP, bisa instan sehari jadi?

Masuk Katolik itu SULIT dan RIBET. Harus ikut kursus agama sekitar setahun, setelah itu harus lulus tes tulis dan lisan, baru bisa dibaptis.

Kalau absen dari kursus agama, harus dengan alasan kuat, jika tidak, dinyatakan gagal dan mengulang kursus agama dari awal. Bagaimana kalau gagal tes lisan dan/atau tulis? Ulang lagi dari awal.Kalau mereka yang mau masuk Katolik ini umurnya di bawah 21 tahun. Harus ada surat persetujuan dari Orang Tua. Kalau tidak ada, tidak bakal dibaptis. Kalau di atas 21 tahun, tidak perlu surat persetujuan.

Bila  orang dari agama lain yang jelas-jelas berniat  untuk dibaptis masuk Gereja Katolik harus ikut pengajaran Agama sekitar  50-52 kali + test. Tentu ini bagus, karena yang pertama,Si calon baptis benar-benar paham imannya yang baru, dan yang kedua, yang dibaptis adalah mereka yang benar-benarniat,jadi bukan dipaksa atau karena adanya unsur terpaksa

Inilah uniknya Katolik. Bukannya mempermudah, malah mempersulit mereka yang mau masuk Katolik. Jadi jangan pernah berpikir, masuk Katolik itu mudah!

Lalu kenapa ada yang takut murtad ke Katolik?

Masuk Katolik itu susah  seperti yang telah di jelaskan sebelumnya,tetapi ada juga orang yang takut  kalau ada Gereja Katolik di sekitarnya. Mungkin, ada orang yang mengira kalau masuk Katolik itu dengan cara mengucapkan syahadat Nikea-Konstantinopel.Entalah.

Suka heran ada orang yang ketakutan kalau katolik melakukan kristenisasi. Harus katekumen 1 tahunan untuk baptis itu juga bisa gagal. Ulang lagi 1 tahunan kalau gagal.Dengan demikian anda yang beragama lain diluar dari katolik tidak perlu takut  dengan adanya pemaksaan atau iming-imingan yang di buat-buat karena itu bukan cara katolik.

Masuk Katolik susah. Jadi, alasan "Kristenisasi" itu konyol.

Dan karena menganggap remeh itulah, banyak yang belum dibaptis dan mengulang berkali-kali sampai bertahun-tahun. Banyak orang yang ingin masuk  katolik tapi tak kunjung dibaptis bertahun-tahun karena gagal/malas kursus agama & ujian.

Jadi Gereja Katolik ini sebenarnya aneh. Ada orang mau masuk Katolik malah dipersulit pake kursus dan ujian segala.Gereja Katolik ingin menguji bagaimana orang tersebut benar-benar niat mau masuk Katolik atau tidak. Dunia memang sudah terbolak-balik. Takut murtad kok sama agama yang justru mempersulit orang yang mau masuk ke dalamnya (Katolik).

Orang lain kalau mau masuk Katolik pun pasti berpikir dulu: istri hanya boleh satu, cerai juga gak boleh. Apa "enaknya"?

Kenapa masuk Katolik malah dipersusah? Karena mereka yang butuh Gereja Katolik, bukan Gereja Katolik yang butuh mereka.


Yang paling aneh adalah tuduhan sekelompok orang kepada Gereja Katolik. Tuduhan ini jelas salah alamat.Testimonial bagaimana masuk Katolik itu sangat selektif. Mungkin lebih mudah masuk PTN seperti UI, ITB daripada masuk Katolik.

Makanya, bersyukurlah umat katolik yang dibaptis dari bayi. Orang lain yang mau masuk Katolik harus mengulang berkali-kali untuk dapat dibaptis.


 Kesimpulan


Dari beberapa pemaparan di atas ini jelaslah bahwa untuk menjadi anggota Gereja Katolik itu sangat susah. Apalagi menjadi katolik sejati. Jika anda mendengar orang  berkata kristenisasi sedang dijalankan dalam gereja katolik dengan paksaan,iming-imingan,ataupun dengan ajakan tertentu, sangat kecil kemungkin itu terjdi (khususnya dalam gereja katolik). Dan  jika anda menemukan unsur paksaan atau ajakan dengan tujuan kristenisasi, anda bisa menghubungi paroki terdekat atau para pelayan gereja katolik di daerah itu.

Selain itu, perlu dipahami bahwa semua atauran dan syarat-sayarat itu diberlakukan dalam gereja katolik karena pada dasarnya"orang-orang  yang mau berpindah Agama yang  membutukan gereja katolik,bukan gereja katolik yang membutukan mereka"

Dengan demikian kita semua ketahui bahwa menjadi katolik itu tidak semudah membalikan  telapak tangan.

Bagaimana pendapat Anda?

                 

       
Advertisement

WARNING

1. Komentar Anda merupakan sebuah kontribusi untuk memperbaiki dan mengembangkan blog ini menjadi lebih berguna dan Informatif

2. Komentar dan kritikan Anda untuk isi blog ini kami sangat menghargai.

3. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik, benar, dan mendidik.
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search